oleh

Sumbawa Semakin Kekurangan Guru

Kepala Dinas Dikbud Sumbawa,
H. Sudirman, SPd

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com -Setiap tahunnya ada tenaga pengajar yang pensiun karena usia, dan mengajukan pensiun. Sementara di satu sisi tidak ada penambahan tenaga pengajar. Sehingga Kabupaten Sumbawa semakin kekurangan tenaga guru dari tahun ke tahun.

“Memang dari segi tenaga pendidik sangat kruang. Tahun 2018-2019 banyak yang pensiun belum yang tidak memenuhi kondisi untuk mengajar, misalnya sakit. Ada yang meninggal. Tentu semakin kurang, dan tidak ada penambahan,” kata Sudirman Malik.S.Pd., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya, Jum`at (05/01).

Diungkapkan, kekurangan terjadi diseluruh daerah terlebih didaerah-daerah terpencil kecuali dalam Kota Sumbawa. “Dalam kotapun sebenarnya masih kekurangan. Tapi kekurangan itu masih bisa diimbangi,” jelasnya, juga mengatakan, kekurangan tenaga pengajar, bukan hanya terjadi di Kabupaten Sumbawa, namun juga terjadi di seluruh kabuapten se-Indonesia.

Baca juga:  Pemkab Sumbawa Sambut Kedatangan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Ditegaskan, beberapa waktu lalu, wakil bupati yang mewakili Kabupaten Sumbawa dalam Asosiasi kepala Daerah se-Indonsia bermsa Kemenpan dan Kemedikbud melakukan pertemuan. Salah satu agenda, membicarakan tentang kekurangan tenaga pengajar di Indonesa.

“Mudah-mudahan tahun ini, akan ada tambahan tenaga fungsional guru. Mudah-mudahan terealisasi,” ucapnya.

Ditegaskan, menyangkut standarisasi komptensi, Dikbud Sumbawa terus mendorong agar semua tenaga pendidik tersertifikasi. “Saya yakin teman-teman, walaupun berangkat dengan kekurangan kita maju terus, agar penuhi standar. Agar Sumbawa ke depan menjadi hebat dan bermartabat,” katanya, juga menambahkan, PGRI Kabupaten Sumbawa menjadi kabuapten terbaik nasional yang diumumkan dalam pertemuan guru se-Asia Pasifik beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Peletakan Batu Pertama SMPIT SC Oleh Donatur Asal Kuwait

Dipastikan, kekurangan selama 2017 baik tenaga pengajar, ataupun pengadaan barang dan jasa akan dibenahi tahun ini. “Tahun ini kekurangan lalu kita evaluasi agar bangkit untuk menajdi Sumbawa senap semu nyaman nyawe dan kedepan Sumbawa menjadi hebat dan bermartabat,” ucapnya. (ks/adm)

ksbksb ksbksb