oleh

Belasan Produk UMKM Sumbawa Dapat Hak Paten

Drs. Arif M.Si
Drs. H. Arif M.Si
Kepala Diskoprindag Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com -Belasan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sumbawa telah mendapatkan hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Namun, masih banyak produk yang di dorong oleh Dinas Koperindag dan UMKM untuk mendapatkan hal yang sama.

“Hak paten, sudah banyak sampai belasan. Yang belum dapat juga akan tetap kita dorong kesana,” kata Arief. M.Si., Kepala Dinas Koperindag dan UMKM, kepada wartawan di ruang kerjanya, Jum`at (05/01).

Ditegaskan, tahun 2017, tim dari Kementerian Hukum dan HAM datang untuk memberikan pendampingan dan bimbingan. Sedangkan Pemkab Sumbawa berperan untuk memfasilitasi agar UMKM mendapatkan hak paten. Produk UMKM yang telah mendapatkan hak paten antara lain produk kopi, susu kuda liar, dan produk olahan rumput laut.

Baca juga:  Masyarakat Diajak Jaga Ekosistem Laut

Dikatakan, sebelum produk UMKM memiliki hak paten, musti memiliki pengemasan, pengolahan dan bahan baku yang terstandart. Selain itu, baik perorangan ataupun kelompok UMKM musti memiliki izin. “Sekarang kita permudah, perizinan sudah bisa camat yang tandatangi izin itu. Sehigga masyarakat mudah dilayani mudah dapatkan izin,” jelasnya.

Saat ini, Dinas Koperindag dan UMKM Kabupaten Sumbawa telah bekerja sama dengan seluruh kecamatan untuk memperpendek rentang pemberian izin UMKM. “Tahun ini insya allah minimal seribu izin dikeluarkan. Tahun lalu juga seribu dan 2016 juga seribu izin,” ungkapnya. (ks/adm)

ksbksb ksbksb