Bupati Kedepankan Penyelesaian Damai Sengketa Lahan SP II dan Masyarakat Plampang

Date:

M. Luthfi Maki Kepala Bagian Humas Setda Sumbawa
M. Luthfi Maki
Kepala Bagian Humas Setda Sumbawa

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com –  Bupati Sumbawa menginstruksi segera melalukan langkah-langkah strategis untuk mendamaikan sengketa lahan Ai Ampuk antara masyarakat SP II dan masyarakat Plampang. Masyarakat SP II mengklaim sebagai lahan pertanian, dan masyarakat Plampang mengklaim sebagai LAR – padang penggembalaan. Diketahui sebelumnya, terjadi saling klaim lahan antara ke dua pihak dan menyebabkan penyerangan terhadap personil tim Opgab.

“Instruksi Pak Bupati, Langkah pertama yang akan ditempuh pemerintah adalah mendamaikan kedua pihak yang saling mengklaim lahan tersebut. Karena ini ada permasalahan data, disatu sisi mereka klaim sebagai hak lahan pertanian, dan pihak lain diklaim sebagai lar. Akan undang pihak terkait dalam mendamaikan ini,” kata M. Lutfi Makki, Kabag Humas Setda Sumbawa, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (20/12).

Baca juga:  Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Selain itu, Bupati juga menekankan agar proses hukum tetap berjalan apabila dalam persoalan tersebut ditemukan adanya pihak ataupun orang-per orang yang terlilbat. “Kemudian proses hukum harus jalan sesuai dengan perudangan yang berlaku. Tetap mengedepankan keadilan, pihak manapun yang bersalah harus diproses sesuai hukum, agar tidak menimbulkan pencitraan buruk. Terlebih persoalan ini agar jangan mengganggu kondusifitas daerah,” ungkapnya.

Kasat Pol PP melalui Sekretaris, H. Sahabuddin, S.Sos., menuturkan, keberadaan Tim Opgab berada di lokasi sengketa bersama masyarakat Plampang, karena adanya laporan masyarakat. Sehingga ditindaklanjuti setelah adanya perintah usai mengeglar pertemuan.

Baca juga:  Bupati Terima Paket Ramadan dari AMMAN untuk Masyarakat Sumbawa

“Memang lokasi tersebut, telah dipersiapkan untuk menam jagung oleh warga,” katanya.

Sekitar pukul 13.00, Tim Opgab meninggalkan lokasi dan hendak kembali ke Sumbawa Besar melalui SP II. Namun ditengah perjalanan dicegat oleh massa dari SP II kemudian terjadi perdebatan antara masyarakat SP II dengan masyarakat Plampang. Dan didalam perdebatan tersebut terjadi penyerangan terhadap Tim Opgab, yang meyebabkan beberapa orang terluka.

Dengan kejadian tersebut, Tim Opgab memutuskan untuk kembali ke Sumbawa Besar melalui Plampang dan tiba di Puskesmas Plampang sekitar pukul 14.00 wita. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...