oleh

Mcmahon Butuh 819 Tenaga Kerja, Bupati : Rekrutmennya Lindungi Lokal

Bupati Sumbawa Barat, H.Musyafirin, Sekda, Abdul Aziz dan Kepala Disnakertrans, Abdul Hamid  serta didampingi jajaran AMNT dan Macmahon.

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Selama tahun 2018 mendatang, PT.Mcmahon, Perusahaan yang kini mengelola aktifitas tambang site Batu Hijau, saat ini membutuhkan setidaknya 819 Tenaga kerja Job Skil maupun nonskill yang meliputi Operator Alat Berat dan Tenaga Pemulihan Alat berat. Pendaftarannya pun dimulai hari ini, Senin (11/12) hingga 31 Desember mendatang. Hal ini diungkapkan dalam Konfrensi Pers yang digelar Tim Bersama Rekrutmen Tenaga Kerja PT Mcmahon Indonesia untuk proyek Batu Hijau yang diketuai oleh Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W Musyafirin MM.

Bupati menyatakan, ia langsung bertindak sebagai ketua tim rekrutmen untuk memastikan rekrutmen terbuka serta melindungi kepentingan tenaga kerja lokal. Kepala daerah juga menegaskan rekrutmen ini juga memastikan sisa 251 tenaga kerja yang masuk dan Witing List (Daftar tunggu, red) diakomodir semua.

iklan kampanye

“Pemerintah menjaga kepentingan investasi, juga memastikan kepentingan tenaga kerja lokal kita. Maka itu, kami upayakan rekrutmen terbuka namun memprioritaskan kebutuhan lokal,” tegasnya dalam konfrensi pers yang berlangsung Senin (11/12) malam di Ruang Rapat Utama Gedung Graha Fitrah.

Baca juga:  Lalu Budi: Pungli Sekolah Berbungkus Sumbangan itu Pelecehan

Ia menegaskan, pekerja lokal atau witinglist akan direkrut tetap dengan syarat dan ketentuan yang berlaku sebagai syarat formal, seperti lamaran dan serangkaian tes intervew. Namun, kata Bupati mereka jalur khusus diterima langsung seperti jalan ‘Tol’.

Tim rekrutmen bertugas merencanakan kebutuhan, sosialisasi pengumuman rekrutmen melalui media massa, cetak elektronik lokal dan nasional. Serta menentukan strategi dan formulasi tes. Begitu besar atensi pemerintah terhadap sisa daftar tunggu ini, tim rekrutmen tetap akan menawarkan kepada seluruh nama yang sudah terdaftar meski tidak ada ditempat atau diluar daerah.

“Kebutuhan tenaga kerja ini disesuaikan situasi perusahaan seiring dengan pengembangan operasi. Dalam 12 bulan kebutuhan bertahap namun di seleksi dan direkrut dalam satu pintu,”ujarnya.

Baca juga:  Satgas Covid-19 Sumbawa Telusuri 33 CPMI Pulang Kampung

Sementara itu,  ketua tim memaparkan bahwa masa waktu rekrutmen ini dimulai sejak 11 Desember hingga 31 Desember 2017. Sekretariat tim bersama rekrutmen sementara ini berada di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) jalan lintas KTC, Taliwang.

 

Khusus witinglist pendaftaran lamaran bisa disampaikan langsung ke sekretariat tim rekrutmen satu pintu, sementara pelamar umum disampaikan melalui kantor post.(KS/yud)