oleh

Hari Bhakti PU Ke-72, Pemkab Sumbawa Gelar Apel

Hari Bhakti PU ke-72
Peringatan Hari Bhakti PU ke-72 dan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2017 diselenggarakan pada Senin pagi (4/12/2017) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com – Peringatan Hari Bhakti PU ke-72 dan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2017 diperingati dengan menggelar Apel Senin pagi (4/12/2017) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc. dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai tema Hari Bhakti PU Tahun 2017 yakni PUPR Bangun Daya Saing Bangsa, sangat relevan dengan visi misi pemerintahan Husni-Mo yang salah satunya adalah tercapainya kemantapan jalan Kabupaten Sumbawa melalui Bakti PUPR membangun daya saing bangsa.

Bupati juga menyampaikan memasuki akhir tahun ke-2 Pemerintahan Husni Mo, sudah cukup banyak kegiatan bidang PUPR yang signifikan dan mendukung terciptanya kesejahteraan masyarakat dan konektifitas di wilayah Tana Samawa. Berbagai capaian pembangunan infastruktur telah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Akses transportasi ke kecamatan–kecamatan yang terisolir telah dapat diatasi secara bertahap dengan kondisi jalan mantap.

“Di tahun 2016 telah dilaksanakan peningkatan dan pemeliharaan jalan kabupaten dan infrastruktur pendukung sepanjang 105,19 km dengan anggaran kurang lebih 149 milyar rupiah, termasuk di dalamnya akses ruas jalan lantung-ropang, teladan-kelawis, batu dulang-tepal, pelita-batu rotok, mata-toloi, brang rea-sempe. Pada tahun 2017 ini, kita melanjutkan pekerjaan tahun 2016, sepanjang 78,5  km, dengan anggaran sekitar 111 milyar rupiah, meliputi ruas ropang-lebin, labangkar-ranan, lantung-ropang, lantung ai mual-lantung pedesa, ropang-lawin, simpang lawin-labangkar, pelita-batu rotok, batu dulang-tepal, dan teladan-kelawis serta beberapa ruas jalan di Kecamatan Alas, sumbawa, dan unter iwes,” terang Bupati.

Bupati juga menyampaikan dalam upaya membawa Kabupaten Sumbawa  menjadi Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat, pembangunan infrastruktur jalan difokuskan pada kawasan-kawasan pertumbuhan yang kondisi jalan dan jembatan tidak mantap menjadi mantap guna meningkatkan akses perekonomian masyarakat, dimana kemantapan jalan sampai dengan akhir tahun 2017 ini bisa tercapai sebesar 63,74% (606,51 km) dari panjang ruas jalan yang berstatus jalan kabupaten sepanjang 951,51 km. Sedangkan jembatan berjumlah 202 buah (2.595,50 meter), yang tersebar di 24 kecamatan.

Disampaikan pula untuk bidang sumber daya air, difokuskan pada pengembangan jaringan irigasi dan pembangunan bendung dan embung dalam mendukung ketahanan pangan nasional, dimana daerah irigasi Kabupaten Sumbawa berjumlah 71 DI (Daerah Irigasi). Adapun luas Daerah Irigasi sebesar 17.261 Ha dengan panjang jaringan 282.918 meter. Dimana saat ini baru mencapai 54,84% dalam kondisi baik (saluran pasangan). Jumlah bendung 128 unit, embung 26 unit, dan bendungan 4 unit. Adapun capaian penanganan bidang Sumber Daya Air selama 2 tahun ini antara lain rehabilitasi bendung sebanyak 59 unit, normalisasi sungai 12.462 meter, pembangunan bronjong tebing sungai 3.901 meter, pembangunan/rehab jaringan irigasi sepanjang 20.853 meter, dan pembangunan pengaman pantai sepanjang 1.013 meter.

Baca juga:  Bulog Sumbawa Bersama Komisi II DPRD KSB Bahas Strategi Pengamanan Harga

“Di tahun 2018, pengembangan infrastruktur yang akan dilaksanakan, antara lain adalah pembangunan Bendungan Beringin Sila, lanjutan penanganan jaringan jalan akses Lingkar Utara Kota Sumbawa Besar (Samota), lanjutan penanganan Jalan Garuda, dan Lingkar Utara Kota Alas, serta peningkatan jalan kabupaten sepanjang 40,83 Km dan pembangunan jembatan sepanjang 135 meter (5 buah jembatan),” lanjut Bupati.

Disampaikan pula untuk Bidang Tata Ruang di fokuskan pada penyusunan regulasi dalam mendukung kawasan-kawasan pertumbuhan baru dan pariwisata, salah satunya adalah revisi rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sumbawa. Dan untuk bidang jasa konstruksi difokuskan pada bintek pengadaan barang/jasa di 24 kecamatan serta pemberian sertifikat pada tenaga tukang sebanyak 130 orang yang bekerjasama dengan PT Semen Gresik.

“Salah satu kendala penuntasan peningkatan jalan di daerah kita adalah dalam beberapa dekade terdapat jalan non status, yaitu jalan yang ada di kawasan eks transmigrasi dan beberapa kawasan lainnya. Namun demikian jalan-jalan tersebut telah kami inventarisasi dan kami usulkan pembangunannya ke pemerintah pusat senilai lebih kurang 19 milyar,” ungkap Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Bupati berharap melalui Peringatan Hari Perhubungan Nasional, menjadi momentum yang tepat bagi insan perhubungan untuk meresapi kembali apa saja yang telah diberikan dan kontribusi apa saja yang sudah disuguhkan untuk memajukan sektor transportasi di Indonesia.

Baca juga:  Program Upsus Pajale Disosialisasikan

“Tantangan pembangunan di sektor transportasi semakin kompleks seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Untuk menjawab tantangan tersebut, kita dituntut mampu beradaptasi dan terus berinovasi melalui perubahan pola kerja baru yang lebih efektif dan efesien, dengan menciptakan sistem transportasi yang andal, SDM yang kompeten, serta sarana dan prasaran yang baik, lanjut Bupati.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam dua tahun terakhir, meskipun belum maksimal, Kabupaten Sumbawa terus melakukan pembenahan-pembanahan dalam sektor perhubungan. Antara lain pemeliharaan landasan terminal berupa pekerjaan urugan dan paving blok landasan terminal empang, termasuk rehabilitasi bangunan terminal dengan pekerjaan rehab atap dan perbaikan sarana MCK. Pada tahun 2017 ini juga telah dilaksanakan pembangunan dermaga rakyat di sebotok, desa sebotok labuhan badas dengan sumber dana dari dak sebesar 9,89 milyar. Begitu pula penyususnan DED pembangunan dermaga rakyat Pulau Medang telah diselesaikan.

Sesuai dengan tema Harhubnas tahun 2017, yaitu ”Melalui peringatan Harhubnas tahun 2017 kita tingkatkan soliditas, sinergitas dan kerja bersama dalam mewujudkan transportasi yang andal, berdaya saing, dan memberikan nilai tambah”, Bupati mengingatkan kepada pimpinan dan seluruh jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa agar terus konsisten dalam mewujudkan tata kelola administrasi pemerintahan yang clean and good governance, dan menekankan agar seluruh program kerja yang telah ditetapkan di tahun 2017 ini dapat segera dilaksanakan dengan efesien, akuntabel, dan transparan tanpa adanya penyelewengan.

Di akhir sambutannya, Bupati berharap kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) beserta segenap jajarannya untuk selalu berinovasi dalam segala bentuk kegiatan dan memperbanyak melakukan lobi-lobi ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, dan menghimbau kepada seluruh aparatur pemerintah, agar melandasi tugas-tugasnya dengan niat ibadah sehingga tidak hanya terpaku pada formalitas penyelesaian tugas-tugas rutin semata tetapi berupaya maksimal melakukan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat umum sesuai dengan kapasitas tugas dan fungsinya. (ks/adm

ksbksb ksbksb