oleh

Pemkab Sumbawa Salurkan Beasiswa 322 Mahasiswa

ilustrasi beasiswa
ilustrasi beasiswa

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com – Pemkab Sumbawa menyalurkan beasiswa terhadap sedikitnya 322 mahasiswa yang sedang belajar di dalam ataupun di luar Kabupaten Sumbawa. Dengan rincian, 12 orang study D3, 3 orang S2, bantuan Khusus 2 orang, dan selebihnya untuk study S1.

“Bantuan setiap orang itu ,untuk S1 Rp 2 juta, S2 Rp 3 juta, untuk skripsi Rp 2,5 juta, untuk s3 Rp 3,5 juta dan bantuan khusus itu Rp 10 juta. Bantuan khusus seperti kedokteran, yang dalam peraturan bupati bantuan untuk jurusan yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah. Dan itu tetap melalui seleksi,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sumbawa melalui Anggraini,S.Ap., Subag Sosial Kemasyarakatan, kepada wartawan, Jum`at (01/12)

Baca juga:  Peringati Hari Ibu dan Diesnatalis Unsa, IWIB Unsa Gelar Lomba Mewarnai

Menurutnya, beasiswa tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk meringankan biaya study yang sedang menempuh pendidikan. Di dalamnya bantuan termasuk untuk mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi.

Dijelaskan, bagi mahasiswa kurang mampu, untuk mendapatkan beasiswa harus disertai dengan keterangan tidak mampu sebagai syarat utama. Sebab dana tersebut merupakan dana hibah dan bantuan sosial. “Sekitar 21 tahun lebih pembagian beasiswa ini dilaksanakan, dan pemerintah selalu memperbaiki setiap tahunnya, untuk syarat maupun ketentuan  dari beasiswa,” katanya, juga menambahkan, penentuan dari hasil seleksi menggunakan kuosioner, kemudian ditetapkan berdasarkan peringkat, agar tidak ada diskriminasi.

Diungkapkan, pencairan beasiswa bekerjasama dengan Bank NTB yang telah menjadi mitra dari pemerintah daerah. “Namun juga dapat melalui bank lainnya, namun prosesnya sedikit lama karena penyerahanya  dari  pemda ke Bank NTB, baru ke bank yg lain,” jelasnya. (ks/adm)