oleh

Festival Pesona Moyo Go Nasional

Pembukaan festval pesona moyo 2017Sumbawas Besar, Kabarsumbawa.com, – Festival Pesona Moyo (FPM) tahun 2018 mendatang dipastikan resmi masuk dalam agenda nasional. Sehingga, di Nusa Tenggara Barat sedikitnya empat event pariwisata Go Nasional, yakni Festival Pesona Moyo, Festival Bau Nyale, Festival Pesona Tambora dan Bulan Pesona Lombok-Sumbawa.

“Jadi ada empat festival di NTB yang masuk event nasional, termasuk FPM. Tanggal 13 Desember 2017 langsung lounchingnya di kementrian,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pemasaran Pariwisata, Ardian Pranata Ilham, S.STP, kepada wartawan di Kantor Bupati Sumbawa, Jumat (10/11).

Menurutnya, kepastian masuknya  FPM dalam agenda nasional berdasarkan informasi yang diperoleh provinsi belum lama ini. Bahkan provinsi memastikan agar Sumbawa membawa tim kesenian saat lounching nantinya.

Baca juga:  BPS KSB : Angka Kemiskinan KSB 2019, Turun 0,32 persen

Mengenai format pelaksanaan festival belum dapat dipastikan. Sebab, FPM telah menjadi agenda pusat. “Yang jelas untuk FPM tahun 2018 pelaksanaannya akan ditempatkan di destinasi. Kita tunggu saja apa yang menjadi agendanya nanti. Pasca lounching nanti baru kita tahu. Karena ini sudah menjadi rana nasional dan provinsi,” tegasnya.

Diungkapkan, 2018 akan ada sedikitnya 29 kalender event yang dilaksanakan selain FPM. Untuk event kecamatan tersebut, akan dilakukan pendampingan terhadap festival-festival di kecamatan, agar dapat disertakan dalam dalam agenda provinsi, yakni Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS). “Nantinya untuk masuk dalam BPLS kita dorong  festival-festival yang ada di kecamatan. Kita akan melakukan pendampingan supaya festival di kecamatan bisa masuk agenda provinsi,” ungkapnya. (KS/Adm)

Baca juga:  Kapolri: Pentingnya Keamanan Bagi Pembangunan Daerah