oleh

Bupati Sumbawa Komit Sukseskan Program Pembangunan Kota Berkelanjutan

komitmen kota berkelanjutan
Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc bersama 31 (tiga puluh satu) Kepala daerah lainnya menandatangani Pernyataan Komitmen “Kota Layak Huni” sekaligus menerima program pembangunan kota berkelanjutan.

Jakarta, KabarSumbawa.com  Peringatan Hari Habitat dan Hari Kota Dunia Tahun 2017 merupakan salah satu bentuk komitmen dan kontribusi Kementerian PUPR dalam mengimplementasikan Agenda Baru Perkotaan.

Agenda Baru Perkotaan menempatkan perumahan sebagai inti dari pembangunan perkotaan yang inklusif dan berkelanjutan, mendorong inisiatif penciptaan hunian untuk seluruh kalangan, khususnya MBR dengan penyediaan ruang terbuka, infrastruktur, dan pelayanan dasar yang layak. Pendekatan yang terintegrasi dan holistik dalam perumahan akan berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan.

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc menghadiri Acara Peringatan Hari Habitat dan Hari Kota Dunia Tahun 2017 yang dibuka oleh Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti di Kampus Kementerian PUPR, Senin (06/11/2017).

Pada acara dimaksud Bupati Sumbawa bersama 31 (tiga puluh satu) Kepala daerah lainnya menandatangani Pernyataan Komitmen “Kota Layak Huni” sekaligus menerima program pembangunan kota berkelanjutan.

Baca juga:  Bulan Ini Verifikasi Parpol Pileg 2019

“Kami berkomitmen bersama seluruh jajaran terkait baik di Kabupaten, Provinsi, Pusat dan masyarakat Sumbawa akan menyukseskan pembangunan perkotaan berkelanjutan yang produktif dan tanggap terhadap perkembangan kota sesuai karakter, potensi dan budaya local Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu upaya penanggulangan kemiskinan”, ujar Bupati ketika diwawancara oleh awak media di Stand Expo Kabupaten Sumbawa pada Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2017.

Sebelumnya Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sumbawa Ir. A. Rahim yang mendampingi Bupati Sumbawa pada acara dimaksud, menyampaikan bahwa untuk tahun anggaran 2018 Kabupaten Sumbawa akan memperoleh Program Pembangunan Infrastruktur Perkotaan Berkelanjutan dari Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Direncanakan sebesar 5,5 Milyar akan dialokasikan untuk Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Kawasan Lembi (Lempeh-Brang Biji) Kabupaten Sumbawa usulan dari RP2KPKP, dan sebesar 2,1 M untuk penataan taman ruang terbuka hijau public kegiatan Fasilitasi Percontohan RTP Revolusi Mental Kabupaten Sumbawa sebagai prioritas nasional, lanjut Ahim sapaan akrab Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Sumbawa.

Baca juga:  Demo DPRD, Aliansi Sumbawa Bersikap Tuntut UU Omnibus Law Dicabut

Selain mengikuti Acara Peringatan Hari Habitat dan Hari Kota Dunia Tahun 2017, Kabupaten Sumbawa juga berpartisipasi sebagai salah satu peserta Pameran Pembangunan Kota Berkelanjutan yang hanya diikuti oleh 14 Kabupaten/Kota yang diundang dari seluruh Indonesia oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Juga turut mendampingi Bupati Sumbawa antara lain Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sumbawa L. Suharmaji dan Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sumbawa H. Junaidi. (KB/adm)

ksbksb ksbksb