by

Dorong Pariwisata Sumbawa, Yessy Gusman Bermalam di Lantung dan Adi Pranajaya Bikin Film Dokumenter Pariwisata

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com, – Untuk mendorong dan mempromosikan potensi pariwisata Sumbawa umumnya, dan Kecamatan Lantung khususnya, Pemda Sumbawa menjadualkan Yessy Gusman – Artis Ibu Kota sekaligus aktivis perempuan, bermalam di Kecamatan Lantung. Yessy Gusman yang datang bersama Adi Pranajaya, direncanakan akan mengunjungi obyek wisata dan berdialog dengan kelompok perempuan di Kecamatan Lantung. Dan Adi Pranakaya akan membiat film dikumenter pariwisata.

“Dalam rangka festival langtung. Datang dimotori Adi Pranajaya dan Taufik Razen lewat Alumni SMAN 2 Sumbawa. Rencananya tanggal 10-11,” kata Ir.H.Junaidi, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, kepada wartawan di ruang kerja, Rabu (08/11).

Menurutnya, Festival Lantung merupakan respon daerah untuk mengangkat potensi daerah dan sumbawa umumnya. “Sudah ada promosi dan gebyar hingga ke tingkat kecamatan dan desa.  Festival Pesona Moyo sebagai pokok. Untuk gali potensi trandisi, budaya dan wisata yang selama ini sudah ada tapi tidak begitu berkembang,” jelasnya.

Baca juga:  Sumbawa “Syurga” Bagi Pencinta Bonsai

Diungkapkan, untuk mengangkat pariwiasta, Pemda Sumbawa akan melakukan berbagai upaya dan  pendekatan. Termasuk melakukan koordinasi dengan provinsi dan pusat, untuk mensinkronkan kegiatan daerah dengan provinsi dan pusat.

“Kita butuh dukungan pusat dan provinsi. Karena kita belum begitu berkermbang. Sekarang baru akan bergerak ke sana. Sekarang penataan regulasi, penguatan kelembagaan, pelaku wisata, penataan desitnasi dan tingkatkan promosi,” ungkapnya.

Selain itu, Pemda juga telah lakukan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk untuk mendatangkan Yessy Gusman. Sementara Adi Pranajaya akan membuat film dokementer pariwisata sumbawa, dari 8 hingga 16 November.

“Ini akan menjadi peluang bagi kita agar nanti bisa disuarakan dan menceritakan langsung potensi sumbawa umumnya di pusat. Sekarang Lantung ingin berbuat lebih. Dan itu bagus. Semoga daerah lain punya ide kreatif juga,” jelasnya, sembari menyampaikan terima kasih dan apresiasi, khususnya terhadap Adi Pranajaya dan Taufik Razen. (KS/Adm)