oleh

Songsong FDBI Tingkat Nasional 2017, Komisi Informasi NTB Kunjungi Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com, – Menyongsong penyelenggaraan Festival Desa Benderang Informasi (FDBI) Tingkat Nasional Tahun 2017, Komisi Informasi melakukan pemantapan terhadap 16 (enam belas) Desa Model Desa Benderang Informasi Publik di Nusa Tenggara Barat termasuk di Kabupaten Sumbawa. Tim diterima langsung oleh sekda sumbawa, Kepala Dinas Kominfotik Sumbawa dan Sekretaris Dinas PMD Sumbawa Kamis (25/10).
Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang dan terima kasih kepada Komisi Informasi NTB yang hadir lengkap di Kabupaten Sumbawa. “Di era saat ini, informasi sangat penting dan perlu dikembangkan disemua sector. Terkait dengan hal itu, tentu kehadiran Komisi Informasi NTB yang hadir saat ini telah melakukan penilaian kepada dua desa model, dan saat ini telah menunjukkan perkembangan,” kata Sekda
Sekda yakina kesertaan Kabupaten Sumbawa pada Festival Desa Benderang Informasi Tingkat Nasional 2017 mendatang akan sukses. “Saya yakin, dengan kebersamaan, tekad, semangat kita baik Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, Dinas terkait akan mampu menjadi bagian dari Fetival sesuai yang diharapkan KI NTB.” ungkapnya.
Kepala Dinas Kominfotik Sumbawa Ir. H. Ibrahim, M.Si menyatakan kesiapan untuk melakukan pembinaan dengan pihak terkait. Selain itu, juga lakukan koordinasi intensif khususnya terhadap dua Desa yang telah ditetapkan menjadi Model Desa Benderang Informasi Publik Kabupaten Sumbawa.
Ketua Komisi Informasi NTB Ajeng Roslinda Motimori, S.Pt menyampaikan, PPID Kabupaten Sumbawa termasuk lima besar yang sedang dilakukan Visitasi Pemeringkatan Badan Publik Provinsi NTB. “Kehadiran kami kali ini, ingin melihat sejauhmana kesiapan dua Desa Model di Kabupaten Sumbawa dalam Festival Desa Benderang Informasi Tingkat Nasional 2017 tanggal 28-29 November 2017 di Mataram”, ujarnya, juga menambahkan, Festival Desa Benderang Informasi Tingkat Nasional 2017 rencananya juga akan dibuka dan dihadiri oleh Presiden Jokowi yang akan melibatkan 10.000 peserta dari desa-desa seluruh Indonesia.
Ditempat yang sama, Wakil Ketua Komisi Informasi NTB, Najamuddin, S.Sos, MM., menyampaikan progress pembinaan ke dua desa model di Kabupaten Sumbawa yang telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. “Desa Uma Beringin dan Desa Baru Tahan telah mengalami perubahan yang memuaskan minimal dari 3 (aspek) yaitu komitmen Kepala Desa yang tinggi, PPID Desa dan Website Desa,” katanya.
Diungkapkan, terdapat 4 Agenda dalam Festival, yaitu Sambung Rasa, Seminar Nasional, Gelar Budaya dan Cerdas Tangkas. Sedangkan DBiP Award ini adalah melaunching 16 Desa Model oleh Mendagri sekaligus penetapan Desa Benderang Informasi Publik.
Kepala Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara, Syafruddin dan Kepala Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes yang diwakili Sekdes Juadi, S.AP menyampaikan kesiapan untuk mengikuti Festival tersebut. Kepala Desa Baru Tahan akan mempersiapkan Tim untuk mengikuti Cerdas Tangkas dan Gelar Budaya. (KS/Adm)

Baca juga:  Pangdam IX Udayana Tutup Kegiatan TMMD

 

ksbksb ksbksb