oleh

BMKG : Musim Pancaroba, Waspadai Puting Beliung

ka bmkg
Endriyono, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Saat ini merupakan merupakan masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, atau masa pancaroba. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya angin puting beliung dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir.

“Yang perlu diwaspadai, angin puting beliung ini akan tumbuh di musim panca roba. Cuaca Oktober Sumbawa, masuki musim transisi pancaroba. Cirinya terjadi hujan tidak merata, tapi hujannya sedang hingga lebat biasa disertai petir,” kata Endriyono, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sumbawa, kepada wartawan di ruang kernya, Rabu (25/10).

Menurutnya, angin puting beliung berpotensi terjadi diwilayah yang terjadi penumpukan awan hujan atau awan kolonimbus berdasarkan pantauan satelit. Dan kemuculan angin puting beliung akan cepat terjadi didaerah dataran cukup jauh pengunungan.

“Kita benar-benar masuki musim hujan Novermber nanti. Hujannya akan intens tiap hari dari intensitas rendah hingga tinggi atau lebat,” ujarnya.

Lantung Dilanda Puting Beliung

puting beliung
Kondisi Rumah yang diterjang angin Puting beliung di Kecamatan Lantung

Diungkapkan, angin puting beliung sudah melanda bima dalam muim peralihan ini. Dari baru-baru ini, berdasarkan informasi dan koordinasi dengan pihak kecamatan, Lantung juga dilanda angin puting beliung.

“Informasinya, satu buah rumah di desa ai mual rusak parah. Seluruh atapnya ambruk,” ungkapnya, juga menambahkan, sebelum kejadian, BMKG telah memberikan peringatan kemungkinan angina kencang dan puting beliung, hujan disertai petir, melalui instansi terkait.

Ditempat berbeda, M. Nurhidayat, Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya membenarkan adanya terjadi angina kencang di Kecamatan Lantung. Dan pihaknya segera menyalurkan bantuan darurat kepada korba.

“Hari ini (25/10) kami antar bantuan ke Lantung. Kita kasih dulu bantuan darurat berupa sembako. Nanti ada juga bantuan stimulannya juga,” ungkapnya, juga menegaskan, penyaluran bantuan tersebut agar masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah saat terjadi bencana. (KS/Adm)