oleh

Bupati Sumbawa Teken Kerjsama dengan Rektor ITN Malang

Kerjasama Pemkab Sumbawa dengan ITN Malang
Bupati Sumbawa, H.M.Husni Djibril.Bsc., menandatatangi Kesepakatan Bersama dalam bidang Pendidikan, Pelatihan Dan Pengabdian Masyarakat, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Daerah, dengan Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Dr.Ir.Lalu Mulyadi,MT., Senin (23/10).

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Bupati Sumbawa, H.M.Husni Djibril.Bsc., menandatatangi Kesepakatan Bersama dalam bidang Pendidikan, Pelatihan Dan Pengabdian Masyarakat, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Daerah, dengan Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Dr.Ir.Lalu Mulyadi,MT., Senin (23/10). Kerjasama tersebut, nantinya akan merancang penataan beberapa titik di dalam Kota Sumbawa Besar.

Bupati Sumbawa menegaskan, agar dinas terkait menindaklanjuti point-point kerjasama dengan ITN Malang, agar pelaksanaan dan kerjasama nantinya berhasil dengan baik dan berkualitas. “Hari ini, saya berpesan kepada dinas teknis, sambut ini sebagai karunia. Agar pada tataran pelaksanaan, hasil yang baik dan kualitas yang baik. Pemikiran yang lebih lanjut diharapkan dalam kerjasama ini. sehingga, jangan hanya simbolis saja. Kami sambut baik semua ini,” katanya.

Menurutnya, terdapat beberapa kesepaktan yang dijalan, antara lain penataan pemukiman di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Sumbawa Besar, agar tidak terlihat kumuh. Selain itu, diharapkan juga dapat menyentuh dan menata beberapa titik pemukiman dalam kota.

Baca juga:  Penyelenggaraan Kearsipan Pemerintah KSB Raih Predikat Memuaskan

“Konsep kerjsama ini. Akan ada beberapa kesepakatan yang dilaksanakan. Salah satunya sungai, didesign agar tidak kumuh,” jelasnya.

Diakuinya, untuk melakukan tata kota di Sumbawa Besar merupakan tantangan yang sangat besar, tingkat kepadatangan pemukiman penduduk tergolong tinggi. Meski demikian, beberapa tempat didalam kota telah berhasil ditata. “Perubahan sumbawa ini ada, tapi tata kota belum begitu baik, mungkin ada ditempat tertentu. Dalam perjalanan kabupaten sumbawa, ketika lakukan perubahan, amat berat. Dan ini perlu difikirkan,” ujarnya, juga menambahkan, selain pemukiman, lakukan penataan jalan didalam kota sejauh ini hampir mustahil.

Ditempat yang sama, Rektor ITN Malang menyampaikan penghargaan atas respon pemerintah Kabupaten Sumbawa. ITN Malang akan berusaha memberikan bantuan yang diperlukan untuk kemajuan kabupten Sumbawa khususnya dalam penataan kota.

Baca juga:  Sumbawa Usulkan Pembangunan Rusunawa ASN

“Kami akan berusaha bantu sumbawa ini. Saya bersepakat dengan bapak (Bupati Sumbawa, red) demi sumbawa kedepan,” ujarnya.

Ia menilai, masih banyak hal yang dapat dioptimalkan dan dikembangkan dari Kabupaten Sumbawa. Dan ITN Malang memiliki sumber daya manusia yang diperlukan, baik dibidang Teknik sipil, arsitektur, lingkungan geodesi dan bidang lainnya.

“Lihat sumbawa, banyak sekali potensi yang dapat ditingkatkan. Tenaga ahli di kami ada semua, mesin, sipil, arsitektur, lingkungan, geodesi. Bisa digunakan,” ujarnya.

Sebelum Kabuapten Sumbawa, imbuhnya, ITN Malang telah menandatangani kerjasama dan penataan dibeberapa daerah atau kota di wilayah Indonesia Timur. Antara lain di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Maluku. (ks/adm)

ksbksb ksbksb