oleh

Tahun 2018, Serapan Anggaran Pemkab Sumbawa Dapat Diakses Secara On-Line

Zainal Arifin
Zainal Arifin, Kabag Pembangunan Setda Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Tahun 2018, serapan anggaran masing-masing SKPD akan dirubah menjadi sistem On-Line. Sehingga, Laporan serapan anggaran dapat diakses masyarakat umum secara mudah, cepat dan transparan.

“2018, kami akan lakukan sosialisasi akhir tahun ini. Bagaimana imput data, mekanisme. Input data oleh masing-masing skpd. Nanti wartawan bisa langsung lihat dan akses itu. Terbuka untuk umum, masyarakat juga bisa lihat langsung. Tapi yang depan saja, karena kalai yang detailnya sangat rumit,” ,” kata Zainal Arifin, Kabag Pembangunan Setda Sumbawa, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/10).

Menurutnya, program sistem on-line ini diberlakukan, mengingat saat ini internet telah dapat diakses hingga ke kecamatan. Dan dihajatkan untuk efesiensi waktu, hemat anggaran dan keterbukaan, demi mengejar akselerasi pembangunan di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  Bupati Sumbawa : Muda-Mudahan Sumbawa Terus Dapat Perhatian Pusat

“Tidak perlu ngantar ke kabupaten. Jadi waktu bisa kurangi. Bisa juga hemat, biar satu dua kertas, salah ganti, salah ganti, itu tidak perlu lagi. Juga bisa dilihat potret perkembangan hari ke hari,” ungkapnya.

Dijelaskan, Bagian Pembangunan Setda Sumbawa telah mengantisipasi berbagai kemungkinan dengan adanya sistem ini, dan dapat dijadikan beberapa gambaran terhadap serapan anggaran. Misalnya SKPD tidak mengisi secara Update perkembangan serapan anggaran, dan SKPD benar-benar tidak bekerja.

Diungkapkan, program ini telah tuntas, dan tinggal disosialisasikan. “Program siap tinggal sosialisi, kalau tidak ada perubahan apapun. Januari sudah bisa Running. Nanti pimpinan juga bisa lihat langsung perkembangan serapan. Jadi tidak musti tunggu per triwulan. Dan bisa klarifikasi langsung kepada yang bersangkutan. Sebagai upaya percepatan pembangun. Sumber daya kita sudah siap, tinggal bagaimana kelola dan optimalkan sumber daya yang ada,” ujarnya. (…)

Baca juga:  Caleg Terpilih Diwajibkan Melaporkan Harta Kekayaannya