oleh

Ketangkasan Prjurit TNI Dengan Yong Moo Do Semarakkan HUT TNI ke-72

parade ketangkasan pada HUT TNI
Ketangkasan Prajurit TNI Khusunya Anggota Kodim 1607 Sumbawa dipamerkan dalam perayaan HUT TNI ke-72 di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (05/10)

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Ketangkasan Prajurit TNI Khusunya Anggota Kodim 1607 Sumbawa dipamerkan lewat beladiri Yoong Moo Do. Peragaan dalam perayaan HUT TNI ke-72 di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (05/10), menampilkan menampilkan pertarungan tangan kosong, mematahkan besi baja hingga bongkahan es balok.

Diketahui, beladiri ini resmi bediri pada tanggal 15 oktober 1995 saat The Martial Research Institut dari Yong in University di Korea menciptakan beladiri gabungan antara Judo, Taekwondo, Apkido, Ssirum dan Hon Sin Sul yang. Istilah Yong Moo Do sendiri berasal dari kata Hankido yang dikembangkan pada tahun 1976 di Korea. Lalu berganti jadi Kukmodo dan terakhir menjadi Yong Moo Do yang kita kenal sekarang ini.

Baca juga:  Polisi Diminta Segera Tangkap Oknum Pelaku Penganiayaan Berat

Kata Yong berarti naga, dipercaya dapat membawa keberuntungan, Moo berarti pertempuran dengan pertahanan fisik dan mental. Sedangkan Do berarti cara hidup yang berisi filosopi belajar dari alam.

Serda I.Wayan SUdharmayasha koramil Kodim 1607 Sumbawa/Koramil 012 Moyo hilir, yang tampil mematahkan balok es, mengatakan, beladiri tersebut merupakan program dari panglima TNI. “Sebagi prajurit, terlebih babinsa kita selayaknya dibekali Yong Moo Do. Ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketertiban umum dijalan. Apabila untuk situasi darurat negara,” katanya.

Diungkapkan, untuk dapat memecahkan es balok, selain tenaga dan fokus juga dibarengi dengan olah pernafasan. “Teknik pemecahan ini sebenarnya pernapasan tersendiri dari tenaga dalam. Latihan pernapasan membutuhkan energi yang cukup besar,” jelasnya. (…)

ksbksb ksbksb