oleh

Sumbawa Berpotensi Jadi Sentra Garam Nasional

dirmawan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupeten Sumbawa, Ir. Dirmawan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa– Kabupaten Sumbawa memiliki potensi besar untuk menjadi sentra garam nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupeten Sumbawa, Ir. Dirmawan di ruang kerjanya, Selasa (4/10).
Menurutnya Sumbawa punya potensi besar, namun di satu sisi kemampuan petambak garam untuk memproduksi juga terbatas, sehingga pemerintah berupaya terus mendorong, agar pada suatu saat nanti Sumbawa akan menjadi sentra produksi garam nasional.
“Kita punya potensi produksi di atas 200 ribu ton pertahun, sekarang ini yang mampu dikelola baru sekitar 3000 ton pertahun.ini masih sangat besar peluang bagi para petambak garam,” jelasnya.

Baca juga:  Tim Penggerak PKK Kabupaten, Sosialisasikan Hasil Rakernas

Menurutnya, untuk mengoptimalkan potensi tersebut peran pemerintah dalam hal ini akan terus memotivasi dan menggerakkan para petambak garam, dengan membantu penyediaan infrastruktur maupun fasilitas sarana prasarana, misalnya memfasilitasi pembangunan jaringan irigasi, pengadaan bio memberan yakni alat yg digunakan untuk memproduksiĀ  garam, sehingga hasilnya memiliki mutu dan kualitas yang bagus untuk kebutuhan garam industri dan farmasi.

Dikatakan, pihaknya bersama pemerintah pusat dan pemerintah provinsi terus mendorong sehingga suatu saat kualitas garam Sumbawa bagus dan memenuhi standar, dan produksinya terus ditingkatkan.

“Sehingga semakin banyak lagi petambak-petambakĀ  garam yang terlibat. Tugas kita terus mendorong apalagi di tengah melonjaknya harga garam nasional, alhamdulillah produksi garam Sumbawa sudah mulai kelihatan, di Labuhan Bajo sudah mulai produksi demikian juga di Labuhan Bontong,” ujar Dirmawan.

Baca juga:  Huni Djibril: Nuzulul Quran Sarana Menata Kehidupan Yang Lebih Toleran

Untuk saat ini, kata Dirmawan, produksi garam Sumbawa sudah mampu menopang kebutuhan lokal bahkan sudah mampumengirim ke beberapa daerah seperti Surabaya dan beberapa wilayah di Jawa Timur.

“Untuk membantu petambak garam kami juga akan membantu alat berat, pompa air dan tekhnik packing untuk garam beryodium,” tandasnya.(KS/Dhie)

ksbksb ksbksb