oleh

31 Kelompok Tani Di Moyo Utara Dapat Bibit Jagung Gratis

distribusi jagung gratisSumbawa Besar, Kabarsumbawa.com  — Sebanyak 31 kelompok tani di Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa, mendapatkan bantuan bibit jagung secara gratis dari kementan RI. Pendistribusian bibit tersebut memalui Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) Sumbawa.

Bantuan bibit tersebut didampingi langsung oleh Camat Moyo utara Tajuddin S.Sos didampingi Sekretaris Gempita  Hermansyah Idris.

Adapun jumlah bantuan bibit jagung tersebut yang diberikan untuk 31 kelompok di kecamatan Moyo utara yakni 20,055 kg sementara untuk pupuknya sebanyak 133,550 kg dengan luas lahan 1337 Hektarare.

Sekretaris Gempita Hermansyah Idris pada kesempatan tersebut mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut untuk kebutuhan MH 1 pada tahun 2018 mendatang, sementara untuk bantuan bibit bagi 31 kelompok tersebut diberikan berdasarkan data Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) dari masing-masing kelompok yang telah di ajukan sebelumnya ke Gempita.

Baca juga:  Versi Quick Count, Firin-Fud Unggul 75 Persen

Lanjutnya, gerakan yang dilakukan oleh Gempita ini adalah semata-mata membantu petani dalam hal pendistribusian bibit ke masing-masing kelompok, sesuai dengan apa yang menjadi komitmen Gempita dengan Kementerian Pertanian RI khususnya menyukseskan swasembada jagung di kabupaten Sumbawa dengan target 1 juta ton.

Melalui program bantuan bibit inilah salah satu bentuk dorongan agar target swasembada jagung tersebut bisa berjalan dengan baik ditingkat petani.selain kecamatan Moyo Utara, ada juga kecamatan lainnya yang telah terealisasi seperti, Kecamatan Utan 12 Kelompok di kecamatan Moyo hilir sebanyak 63 kelompok tani.

Tentunya dengan jumlah bantuan yang telah disalurkan oleh Gempita tersebut masih jauh dari target yang diberikan oleh Kementan pusat yakni untuk Kabupaten Sumbawa sejumlah 33 desa dengan jumlah kelompok sebanyak 168 kelompok tani dengan luas lahan 6,667 Hektar, dengan jumlah benih 100,005 kg dan pupuk urea 666,700 kg.

Baca juga:  Tagih Pempus, Rehab-Rekon Ditargetkan Tuntas Sebelum Puasa

Pada kesempatan yang sama, Camat Moyo Utara Tajuddin SH mengaatakan bahwa dengan adanya bantuan bibit jagung di Kecamatan Moyo Utara dari Kementan RI melalui Gempita , petani di wilayahnya sangat terbantu.

Dimana petani jagung tidak lagi mengkhawatirkan akan ketersediaan bibit jagung.” Jika MH pertama petani tinggal menanam saja, tak perlu ketar ketir mencari bibit dan pupuk karna adanya bantuan tersebut” Ungkapnya.

Dalam hal ini ia berharap, dengan adanya bantuan tersebut, program pertanian dikecamatan moyo utara yang telah dicanangkan sebagai kecamatan jagung dapat berjalan dengan baik.hal itu tentunya dapat terwujud dengan adanya kerjasama semua pihak, ia berharap bantuan yang sama juga pada tahun mendatang dapat disalurkan kembali. (KS/aly).

ksbksb ksbksb