oleh

KPU Persiapkan Pelaksanaan Tahapan Pilgub 2018

Nur Kholis, S.Ap., Ketua Devisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Sumbawa
Nur Kholis, S.Ap., Ketua Devisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa sedang mempersiapkan pelaksanaan tahapan Pemilihan Gubernur NTB 2018. Selain itu, juga dimulai tahapan untuk Pileg 2019, yakni verifikasi partai politik baru.

“Itu sesuai dengan instruksi KPU Provinsi. Dan kami sudah terima anggaran untuk KPU Provinsi untuk pelaksanaan pilgub. Dimana tahapan dimulai sejak September,” kata Nur Kholis, S.Ap., Ketua Devisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Sumbawa, Kepada kabarsumbawa.com, di ruang kerjanya Selasa (19/09).

Menurutnya, tahapan Pileg 2018 yang segera dilaksanakan, yakni pemutakhiran data pemilih dan perekrutan badan Ad Hoc yang akan menjadi pelaksana tugas dibawah KPU Kabupaten Sumbawa. Yakni Pembentukan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) – tingkat kecamatan, dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) – tingkat desa.

Baca juga:  Dua Pasangan Calon Bupati Sumbawa Jalani Tes Kesehatan

“Rencananya Oktober kami sudah harus laksanakan rekrutan PPK dan PPS. Untuk PPK-nya 5 orang dan 3 orang PPS, beserta sekretariat,” ujarnya.

Pilbup Serentak

Diungkapkan, 2018 akan dilakukan Pilkada serentak di tiga kabupaten/kota se-NTB, yakni Kota Bima, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Barat. Dan pemungutan suara untuk pilkada serentak tersebut, ditetapkan Rabu 27 Juni 2018.

“Tahapan ini akan menyesuaikan dengan kpu provinsi, dimana kita sudah punya jadual tahapan yang diatur dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2017, terkait pelaksanaan pilkada seretak 2018,” katanya.

Ditambahkan, Januari 2018 termasuk dalam tahapan pendaftaran bakal calon. Sebelum itu juga, dilakukan tahapan verfikikasi pencermatan dukungan bagi bakal calon perseorangan.

Baca juga:  24 Panwascam KSB di Kukuhkan

“Ini dilaksanakan sebelum pendaftaran calon,” tegasnya. (KS/adm)

ksbksb ksbksb