oleh

Baperjakat Telah Kantongi Nama Kasatdamkar

Bupati Sumbawa,
H. M. Husni Djibril, B.Sc

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Badan pertimbangan Jabatan (Baperjakat) telah mengantongi nama calon yang akan menjabat sebagai kepala Satuan Pemadam Kebakaran (Satdamkar) definitiv. Demikian disampaikan Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc., dalam menanggapi pertanyaan anggota DPRD Sumbawa dalam Rapat Paripurna DPRD Sumbawa, di ruang sidang utama DPRD Sumbawa, Senin (18/09).

“Sudah ada di Baperjakat yang diketuai langsung oleh sekda. Tadi sudah saya tanyakan langsung ke sekda, bagaimana kepala satdamkar. Alhamdulillah sudah ada nama, tinggal definitifnya. Saya tandatangani, maka selesai,” katanya.

iklan kampanye

Mengenai damkar baru, ia menegaskan, unit yang diadakan 2017 telah diserahkan kepada Satdamkar. Hanya saja, kendaraan tersebut belum dioperasikan dan belum berada di kantor Satdamkar. “Sudah diserahkan. Saya larang untuk serahkan langsung ke kantornya, karena disana sudah padat, ada Resiko. Damkar yang kita beli terakhir sangat mahal, lebih dari damkar lainnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Dukung Sumbawa Smart City, UTS Serahkan 7 Rancang Bangun Aplikasi e-Government

Ia menegaskan, 2018 kendaraan unit pemadam kebakaran akan ditambah, minimal tiga unit atau paling tidak dua unit. Kendaraan tersebut, masing-masing akan ditempatkan di wilaya timur atau Kecamatan Plampang, wilayah barat tantara Kecamatan Utan dan Alas dan satu unit unuk wilayah Kota Sumbawa Besar.

“Diforum ini saya sampaikan mudah-mudahan DPRD setuju. Saya minta agar damkar ditambah 2018 minimal dua unit. Rencana ditempatkan di wilayah timur, barat dan satu dalam kota. Karena pengalaman kebakaran wisma daerah, damkar yang ada tidak mampu bekerja optimal,” katanya juga menyampaikan terima kasih kepada anggota dewan yang menyampaikan intrupsi terkait hal tersebut.

Baca juga:  Wings Air Akan Tambah Penerbangan

Sebelumnya di tempat yang sama, Andi Rusni, Anggota Komisi IV DPRD Sumbawa dalam intrupsinya meminta, agar bupati sumbawa mempercepat legitimasi Kepala Satdamkar Sumbawa. Sebab dengan status Kasatdamkar yang saat ini masih pelaksana harian, masih memiliki wewenang terbatas. Sedangkan disisi lainnya, peran satdamkar sangat penting.

“Cukup kebakaran bala putih jadi tamparan keras bagi kita,” ujarnya, juga mengatakan, unit damkar yang diadakan 2017 musti segera dimanfaatkan untuk kegiatan penanggulangan bencana kebakaran. (KS/adm)