oleh

Pelaku Usaha Pariwisata Puji Respon Pemkab Sumbawa

iwan tambora
Iwan Suta Wiratha Ranteg, salah seorang pelaku usaha pariwisata Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Pelaku Usaha Pariwisata Sumbawa memuji respon Pemkab Sumbawa untuk mendukung tumbuh kembang dunia pariwisata sumbawa. Termasuk membuka memfasilitasi dan jalan bagi palaku dunia bisnis pariwisata.

“Saat ini, kita ada rencana kerjasama dengan Pemda Sumbawa dan sudah kasih respon. Responnya sangat bagus,” kata Iwan Suta Wiratha Ranteg, salah seorang pelaku usaha pariwisata Sumbawa, di kediamannya, Jum`at (15/09).

Menurutnya, salah satu rencana yang sedang dipersiapkan bersama pemda Sumbawa, yakni mendatangkan pelaku bisnis pariwisata, khususnya barang kerajinan tradisional untuk dipasarkan ke luar negeri. “Dia sudah eksport kerajinan ke luar negeri kerajinan dari Suawaesi, Kalimantan, dan lainnya. Kita ingin undang ke sumbawa. segera setelah Festival Pesona Moyo,” ujarnya.

Baca juga:  Budidaya Bawang Merah Asal Biji Botani Atasi Permasalahan Benih di Papua

Ia menilai, potensi wisata dan kerajinan khas sumbawa memiliki peluang dan potensi besar untuk dipasarkan ke pasar luar negeri, khususnya eropa. “Dengan lihat potensi dan bentuk kerjaninan, kita sudah bisa tahu ke negara-negara mana kita kirim,” ungkapnya.

Melalui kerjasama tersebut, akan diberdayakan pemuda-pemuda sumbawa yang memiliki potensi dan bakat dalam hal seni kerajinan tradisional. Termasuk membina anak-anak putus sekolah untuk terlibat dan diberdayakan.

“Kita berdayakan masyarakat termasuk anak-anak putus sekolah. Kita arajakan kerjainan. Bakat seni orang sumbawa sagat banyak Cuma tidak terlasur, kita karyakan. Yang senang melukis, kita fasilitasi, hobbi mahat salurkan ke mahat. Kita berika peluang dan kesempatan untuk menyalurkan,” jelasnya. (KS/adm)

ksbksb ksbksb