oleh

Pawai Budaya Diikuti oleh Perwakilan Kabupaten Kota se-NTB

-Wisata-42 views

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Pawai Budaya yang merupakan bagian dari Festival Pesona Moyo 2017 merupakan ajang untuk mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal kepada dunia luar, dan upaya untuk melestarikan budaya daerah. Pawai Budaya yang diikuti oleh seluruh elemen kelompok masyarakat samawa dari berbagai kecamatan, dan di semarakkan juga oleh perwakilan Kabupaten/kota Se-NTB yang digelar Senin (11/09), dilepas dari halaman Kantor Bupati Sumbawa dan berakhir di Kodim 1607 Sumbawa.

“Mengikuti pawai budaya sebagai bagian dari upaya kita dalam Melestarikan tradisi budaya daerah disamping juga kita Mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal yang kita miliki kepada Dunia luar,” kata H.M.Husni Djibril, B.Sc., Bupati Sumbawa.

Dijelaskan, penyelenggaraan festival pesona moyo 2017 memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Selain menjadi event untuk mendorong pariwisata sumbawa juga menjadi momen yang sangat baik dalam memelihara kekayaan budaya tana samawa.

Baca juga:  Pesona Tambora 2016 Tanpa Teluk Saleh Menjadi Ritus Wisata Budaya Sepi

“Apalagi daerah kita telah menjadi anggota dari jaringan kota pusaka indonesia yang memiliki tujuan untuk melestarikan pusaka alam dan juga pusaka budaya yang menjadi modal dasar bagi pembangunan di masa depan,” jelasnya.

Ditegaskan, pawai budaya juga merupakan bagian dari upaya kita dalam mempertahankan tradisi budaya daerah di tengah derasnya arus globalisasi. Budaya memiliki fungsi yang sangat besar bagi pembangunan peradaban masyarakat Sumbawa. Sebab budaya mengatur agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak, berbuat, dan menentukan sikap sesuai dengan norma dan lingkungannya.

Dengan mengenal, memahami dan menghargai budaya sendiri seseorang dapat mengembangkan potensi prilaku yang baik bergaul dengan masyarakat seni dan lingkungan sosial sebagai insan yang berbudaya. “Apalagi kita selaku tau samawa memiliki landasan budaya yang sangat religius yaitu adat barenti ko syara, syara barenti kokitabullah, sehingga kultur budaya kita tau samawa sangat kental dengan ajaran islam,” ujarnya.

Baca juga:  Puluhan Perahu Mengarak Peserta Festival Ziarah Tambora-Gili Tapan

Sebagai Bupati Sumbawa, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungan dan pertisipasi dalam pawai budaya. “Selaku pimpinan daerah maupun pribadi, saya merasa sangat berbahagia hadir bersama sahabat sekalian para peserta pawai budaya dari seluruh penjuru kecamatan se kabupaten sumbawa. saya juga menyampaikan banyak terima kasih atas partisipasi sahabat sekalian dalam menyemarakkan pawai ini,” katanya (KS/adm)

ksbksb ksbksb