oleh

Ratusan Massa FPSI Sumbawa Gelar Aksi Solidaritas Rohingya

Aksi Solidaritas RohingyaSumbawa Besar, Kabarsumbawa.com –Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Penegak Syi’ar Indonesia (FPSI) Kabupaten Sumbawa, menggelar aksi solidaritas untuk warga muslim Rohingya, Jum’at, (08/09/2017).

Massa aksi melakukan longmarch dari Masjid Agung Nurul Huda memuji  Kantor Bupati Sumbawa, merupakan respon serta protes terhadap pemerintah Myanmar, atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan krisis kemanusian yang dialamai oleh warga muslim Rohingya ini dipimpin oleh H.M.Junarwi.

iklan

Berdasarkan kondisi kekinian yang menimpa warga muslim di Rohingya Myanmar, FPSI Sumbawa mendesak pemerinta Republik Indonesia untuk mengambil tindakan. Adapun sikap tegas umat muslim Kabupaten Sumbawa, tertuang dalam delapan pernyataan sikap yakni.

Mendesak Ketua Komite Nobel Perdamaian di Oslo Norwegya untuk mencabut Nobel perdamaian dari Aung San Suu Kyi. Mendesak PBB mengeluarkan resolusi terhadap pemerintah Myanmar untuk mengakui kewarganegaraan warga muslim Rohingya dan memberi sanksi tegas kepada pemerintah Myanmar apabila tidak mematuhi resolusi tersebut.
Mendesak PBB untuk mengirimkan pasukan perdamaian guna melindungi warga muslim Rohingya. Mendesak Mahkamah Internasional untuk menyeret dan mengadili pelaku kejahatan dan pembantaian warga muslim Rohingya. Dan mendesak pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan segala bentuk kekerasan penindasan terhadap warga muslim Rohingya.

Baca juga:  Ribuan Masyarakat Hadiri Istigozah Yang Di Gelar Korem 162/WB

Mendesak Negara – Negara ASEAN untuk mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan dan mengusir Duta besar Myanmar serta memutuskan hubungan diplomatik jika tidak menghentikan segala bentuk kekerasan dan penindasan terhadap warga muslim Rohingya.

Menghimbau negara-negara dunia, khususnya negara-negara islam untuk bersatu mendesak pemerintah Myanmar agar menghentikan kekerasan dan memberikan bantuan nyata demi meringankan penderitaan warga muslim Rohingya. serta Indonesia dalam hal ini siap menerima dan menampung warga muslim Rohingya.

Melalui delapan poin pernyataan sikap dari FPSI yang langsung diberikan kepada Pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa dalam hal ini diterima oleh Wakil Bupati Sumbawa Drs.Mahmud Abdullah tersebut, diharapkan untuk segera disampaikan kepada Presiden RI.

Baca juga:  Di Sumbawa Ada Wisata Budaya, Alam dan Megalitikum

Wakil Bupati Sumbawa, Drs.Mahmud Abdullah, dalam kesempatan itu menghimbau kepada semua Kepala Dinas dan semua sekolah serta seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Sumbawa, untuk berbagi dengan warga muslim Rohingya.

“saya selaku pimpinan Daerah, menghimbau kepada seluruh kapala Dinas, Sekolah, setra warga Sumbawa, untuk berbagi dengan saudara kita yang ada di Rohingya,” himbaunya.

Lanjut Wabup, ia bersama Bupati Sumbawa, juga merupakan bagian dari barisan aksi tersebut dan ia berjanji akan meneruskan kepada pemerintah Pusat, apa yang menjadi tuntutan masa aksi.

“saya sangat mendukung aksi ini, insya Allah ini akan saya teruskan ke pemerintah pusat.” Ungkapnya. (KS/aly).

iklan