Dampingi PILKATOS, Upaya KPU KSB Dongkrak Partisipasi Pemilu Pemula

Kpu ksb
Ketua Divisi SDM dan Partisipasu Masyarakat KPU KSB, Supriadi, S.Pd

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Partisipasi pemilih pemula dalam setiap pesta demokrasi tak dipungkiri memang rendah. Oleh karena itu, guna mendongkrak partisipasi para pemilih pemula ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa Barat melakukan kegiatan pendampingan untuk Pemilihan Umum Ketua Osis (PILKATOS) serentak untuk SMA Sederajat Se-KSB.

Ketua Divisi SDM dan Partisipasu Masyarakat KPU KSB, Supriadi, S.Pd kepada wartawan mengatakan, Kegiatan pendampingan Pilkatos ini merupakan bagian dari pendidikan politik terhadap siswa didik yang terus dilakukan oleh KPU KSB dalam rangka meningkatkan partisipasi dan menyiapkan pemilih pemula yang cerdas dan berkualitas.

“Kegiatan pendampingan Pilkatos serentak yang dimulai pada tanggal 4 – 9 September ini, kami harapkan mampu meningkatkan pemahaman maupun kesadaran dalam praktek berdemokrasi secara benar di lingkungan sekolah.” Ujarnya seraya menambahkan, Peningkatan pemahamannya meliputi dari segala proses tahapan, hingga memberikan penguatan pemahaman terhadap regulasinya.

“Kalau pendampingan Pilkatos sebelumnya, pihak sekolah meminta pendampingan ketika sudah mulai masuk tahapan. Tapi sekarang berbeda, bahkan pendampingannya lebih mendalam.” imbuhnya.

Semua regulasi dalam setiap tahapan Pilkatos, lanjutnya, harus mereka pahami. Seperti regulasi pemutakhiran data, pencalonan, pencoblosan, perhitungan suara hingga pengumuman hasil pilkatos.

“Proses seperti inilah yang jarang mereka dapatkan.” tandasnya.

Untuk memaksimalkan proses pendampingan Pilkatos ini, KPU KSB telah membentuk tim yang yang akan turun lapangan mendampingi segala proses pemilihan umum ketua osis tersebut.

“Kami telah membentuk tim di KPU, jadi sudah ada 5 tim yang dimana masing masing tim ini mendamping 2 hingga 3 sekolah”, Ungkapnya.

Adapun tahapan proses pendampingan oleh tim KPU KSB ini meliputi, pembentukan penyelenggara pemilihan seperti panitia pelaksana dan panitia pengawas, penyiapan logistik, Pemantauan, hingga Pemutakhiran data pemilih.

“Semua proses ini akan kita maksimalkan pendampingannya, kita juga sudah sampaikan kepada pengurus osisnya pada Bimtek persiapan Pilkatos dan mereka semua sangat setuju”, tegasnya.

Untuk diketahui, Ada 11 sekolah di seluruh KSB yang minta pendampingan secara serentak. Seperti SMKN 1 Taliwang, MAN Sumbawa Barat, SMA Muhajirin, SMAN 1 Poto Tano, SMAN 1 Seteluk, SMKN 1 Seteluk, SMAN 1 Brang Rea, SMK Brang Ene, SMAN 1 Jereweh, SMKN 1 Maluk dan SMAN 1 Sekongkang.(KS/yud)

News Feed