oleh

Yachter Sail Indonesia 2017 Antusias Ikuti Tour Transpalansi Terumbu Karang

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Isu-isu pemanasan global, penyelematan lingkungan, menjaga kelestarian laut menjadi isu global yang mendapat perhatian tersendiri dari para yachter.

Agenda Biodiversity and Concervation Tour Transpalansi Terumbu Karang yang digagas oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa bersama komunitas kreatif Adventurous Sumbawa menjadi sesi yang antusias diikuti oleh para yachter. Bertempat di perairan Ai Lemak Tanjung Menangis Kelurahan Brang Biji, Kamis (31/8/2017) para yachter dengan fasilitas boat Basarnas NTB dan Pengawas Perikanan bertolak dari Dermaga Pantai Goa menuju ke perairan Ai Lemak Tanjung Menangis.

iklan kampanye

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata M. Irfan bersama Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Rachman Ansori yang turut mendampingi agenda tour ini menjelaskan bahwa obyek wisata perairan Ai Lemak memiliki biota bawah laut yang sangat indah dan alami.

Baca juga:  Petualangan Menuju Sumbawa

“Lokasi yang tepat untuk diving maupun snorkling melihat pemandangan bawah laut Ai Lemak yang indah” ujar Epun sapaan akrab pejabat daerah yang merangkap seniman ini. Selanjutnya Epun menjelaskan singkat bahwa di lokasi ini pula, tepatnya di ujung Tanjung Menangis terdapat cerita rakyat yang melegenda di kalngan masyarakat Sumbawa.

“Ke depan, Dinas kami akan mengusulkan kepada instansi yang berwenang agar wilayah ini dapat menjadi zona konservasi untuk menunjang pariwisata Sumbawa” papar Epun.

Mrs. Jacqueline Malo yachter asal Kanada sangat mengapresiasi wisata konservasi ini. “Teman-teman yachter sangat senang dan menikmati wisata ini. Selain dapat melihat keindahan bawah lautnya dengan bersnorkling maupun diving, kami bisa melakukan kegiatan konservasi alam, membantu menanam terumbu karang” kata Jacqueline antusias yang diterjemahkan oleh tour guides Ilman Fiansyah.

Baca juga:  Yuk! Intip Wisata Baru dan Masih Perawan di Desa Rarak Ronges

“Kami berharap agar kegiatan ini agar terus menjadi agenda tahunan pariwisata, baik di tempat ini maupun di perairan lainnya di Sumbawa, suatu saat kami kembali kami dapat menikmati keindahan terumbu karang yang kami tanam hari ini” pungkas Jaqueline dalam perjalanan laut kembali ke Dermaga Pantai Goa.

Komentar