Sajian Amazing Batualang Village Buai Peserta Sail Indonesia 2017

Date:

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Salah satu spot tujuan kunjungan peserta Sail Indonesia 2017 adalah Desa Batualang Kecamatan Moyo Hulu. Setelah menikmati suasana kemeriahan khas Buffalo Race Series-1 World Championship 2017-2018 di Sirkuit Barapan Kebo Sumber Payung serta menikmati kuliner di Sumbawa Food Karang Goreng, para peserta Sail Indonesia 2017 menuju ke Batualang (29/8/2017).
Camat Moyo Hulu Mulyadi, S.Sos mengungkapkan kegembiraan melalui telepon, dengan ditunjuknya Desa Batualang sebagai tujuan wisata para peserta Sail Indonesia 2017. “Masyarakat Desa Batualang menyambut antuasias kehadiran para tamu wisatawan mancanegara di desanya” ujar Mulyadi.
Sebagai Desa yang memiliki ciri khas perdesaan yang alami, hamparan persawahan hijau serta kebiasaan adat istiadat yang terpelihara sampai saat ini sangat tepat Batualang dijadikan tujuan wisata bagi para wisatawan mancanegara dan ditetapkan sebagai Desa Wisata, lanjut Mulyadi.
“Para wisatawan terlihat menikmati dan berbaur dengan masyarakat dengan suasana alam pedesaan Batualang yang alami dan suasananya yang sangat welcome” tutur Camat Mulyadi di tempat pandai besi Batualang.
Randal Patisamba salah seorang tour guide Adventouros Sumbawa yang mendampingi para peserta Sail Indonesia 2017 mengungkapkan bahwa para tamu wisman merasa puas dan terbuai dengan sambutan hangat masyarakat Batualang.
Dari sajian pembuatan alat-alat pertanian dan senjata tradisional, menyaksikan aktivitas pedesaan Sumbawa tepatnya di persawahan dengan rumah sawah yang khas. Sesampainya di areal persawahan para wisman disambut dengan tarian selamat datang dan Sanentek Rantok, melihat proses menumbuk padi sampai menjadi beras menggunakan alat tradisional,
Para wisman juga disajikan proses pembuatan kuliner khas Sumbawa antara lain Timung (nasi bamboo) serta beberapa lalapan gecok, siong sira dan lainnya. “Mereka sangat menikmati dan enjoy sekali, komunikasi dengan masyarakat sangat akrab, karena juga kultur masyarakat Sumbawa yang sangat welcome sangat mendukung kenyamanan wisman di Batualang” tutur Randal.
Bahkan para wisman bergabung bersama masyarakat menikmati timung, gecok, siong sira dalam suasana alam persawahan Batualang yang hijau. Beberapa wisman wanita merasa enjoy ketika dipakaikan seme oleh ibu-ibu. Seme adalah sejenis bedak dan ramuan herbal khas Sumbawa untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari.
“Mudah-mudahan kulit saya seperti kulit orang-orang Sumbawa” ujar Mrs. Jacquiline Malo dari Canada sambil tertawa riang bersama ibu-ibu Batualang.
Selaras dengan harapan Camat Moyo Hulu, Kepala Dusun Batualang yang juga turut mendampingi para wisman berharap agar Desa Batualang dapat ditetapkan sebagai Desa Wisata dan selalu dijadikan tujuan kunjungan wisatawan baik domestic maupun mancanegara. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pesona Tersembunyi Sumbawa: Eksplorasi Keindahan Pulau Moyo

Kabarsumbawa.com - Indonesia adalah surga bagi para pecinta wisata...

Kabupaten Sumbawa Kembali Gelar Festival Melala, Puluhan Sandro Unjuk Kebolehan

Sumbawa besar, kabarsumbawa.com – Setelah pandemi covid-19, Kabupaten Sumbawa...

Wisata Unik Air Terjun Ai Beling di Desa Sempe

Penulis : Okky Defiany - Mahasiswa PBSI UNSA Sumbawa Besar,...

Lurah Lempeh Sulap Bantaran Sungai Jadi Pusat Keramaian

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Inovasi Lurah Lempeh Deny Armansyah,...