by

Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Qurban Menjamur

ilustrasi penjualan hewan korban
ilustrasi penjualan hewan korban

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Kementerian Agama memastikan awal bulan Zulhijah 1438 Hijriah jatuh pada Sabtu, 23 Agustus 2017. Artinya, 10 Zulhijah atau Idul Adha yang juga dikenal dengan Hari Raya Kurban jatuh pada Jumat, 1 September 2017. Manjelang hari raya Idul Adha 1438 Hijriah tahun ini, sejak beberapa waktu lalu penjual hewan kurban mulai menjamur di Kota Sumbawa Besar, khususnya ternak kecil – kambing.

Maraknya pesanan hewan kurban, membuat harga ternak mengalami kenaikan meski tidak setinggi tahun sebelumnya. “Memang kita naik harga, tapi tidak banyak. Sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per ternak dari harga normal,” kata H. Ahmad Naimin, salah seorang penjual di dalam kota Sumbawa Besar, Rabu (30/8).

Baca juga:  MUI Kabupaten Sumbawa Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu

Menurutnya, membeludaknya penjual hewan kurban tahun ini bila dibandingkan tahun lalu, membuat pesanan hewan kurban menurun. Selain itu, penjual juga musti melakukan penyesuaian kenaikan harga dengan penjual lain.

Diakuinya, sejak menjajakkan hewan kurban sejak sekitar seminggu lalu, baru terjual sekitar 40-an ekor hewan.  Sedangkan periode yang sama tahun sebelumnya, biasanya telah terjual sekitar 60-an ekor hewan.

“Dulu itu, kita bisa habis sampai 150 ekor. Tapi sekarang mudah-mudahan bisa 60 ekor,” katanya, juga menambahkan, hewan kurban yang dijual umur berkisar antara 2 hingga 4 tahun, dengan harga antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. (KS/adm)