“Welcome to Sumbawa. Wisman Peserta Sail Indonesia 2017 mulai berdatangan”

Date:

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa   Dermaga Pantai Goa Desa Karang Dima Kec. Labuhan Badas ditetapkan menjadi blue point tempat menyandarnya para peserta International Rally Yacht Sail Indonesia 2017 lokasi labuh Kabupaten Sumbawa. Sehingga ditetapkan pula sebagai media center Pusat Pelayanan Terpadu (Integrated Services Center/ISC) yang berfungsi melakukan pelayanan informasi dan administrasi bagi wisman peserta International Rally Yacht 2017.

Hari ini sekitar 4 yacht sudah mulai berlabuh diperairan Badas Kabupaten Sumbawa (28/8/2017). Bupati Sumbawa diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Muhammading, M.Si langsung menyambut kedatangan wisman dari yacht berbendera Kanada dan Prancis. “Welcome to Sumbawa, Sumbawa is very good” demikian Haji Ading menyapa singkat para Wisman.

Selanjutnya para Wisman yang didampingi oleh para tour guide dari para sahabat Adventurous Sumbawa langsung memandu para wisman melakukan registrasi yang telah disediakan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa dalam bentuk layanan terpadu satu atap.

Dimulai dari desk layanan Karantina Pertanian, kemudian dilanjutkan dengan Imigrasi, Bea Cukai. Juga Karantina Kesehatan Pelabuhan yang juga hadir untuk memberikan layanan kesehatan jika dibutuhkan,  Syahbandar dan Otorita Pelabuhan Badas serta pemberian informasi wisata (tourism information) oleh Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa dibantu tour guide  Adventurous Sumbawa.

“Ini adalah momen yang sangat berharga bagi upaya promosi potensi pariwisata dan budaya Kabupaten Sumbawa ke dunia internasional” demikian disampaikan Staf Ahli Bupati H. Muhammading. Selanjutnya Haji Ading menguraikan dengan adanya sinergi pelayanan yang terpadu antar instansi, diharapkan memberikan dampak bagi kepuasan wisatawan asing yang datang ke Kabupaten Sumbawa, sehingga pada muaranya para wisman ini diharapkan juga turut mempromosikan pariwisata Kabupaten Sumbawa di negaranya atau tempat yang dikunjunginya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa diwakili oleh Sekretaris Dinas Rachman Ansori, MSE menyampaikan bahwa pembentukan Integrated Services Center atau Pusat Layanan Terpadu merupakan salah satu bentuk media center yang disediakan khusus yang  mewadahi berbagai fungsi layanan yang berhubungan dengan orang asing atau wisatawan asing khususnya para peserta International Rally Yacht Sail Indonesia 2017, yang singgah di Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata M. Irfan, MM menyatakan bahwa Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa telah menyiapkan beberapa agenda event budaya dan atraksi wisata yang akan disuguhkan kepada para wisman para peserta International Rally Yacht Sail Indonesia 2017.

“Untuk hari pertama ini, para wisman akan dipandu untuk menikmati city tour mengunjungi heritage Moseum dan Istana Dalam Loka, kemudian akan diajak untuk menikmati pembukaan Festival Moyo Utara di Sebewe” ungkap Ipun sapaan akrab pejabat muda Pemkab Sumbawa ini.

Security Service oleh aparat TNI, Polri, Pol. PP dan aparat Kecamatan Lab. Badas. Speedboad Syahbandar, Pengawas Kelautan, dan Basarnas NTB juga turut bergabung dalam rangka memberikan pelayanan di sekitar perairan Badas dan sekitarnya selama para wisman Sail Indonesia 2017 singggah di Kabupaten Sumbawa sampai tanggal 31 Agustus 2017 mendatang sebelum melanjutkan pelayaran menuju ke Sabang NAD dengan menyinggahi beberapa lokasi lainnya. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Iga dan Ayam Bakar Cemong Ecek Siap Manjakan Lidah Pengunjung MXGP Samota

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 400 lebih UMKM dengan...

Nikmatnya Sepat Bul Bul Lapak Cemong Ecek

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Indonesia selain terkenal dengan kindahan...

Sumbawa Grow Up Lakukan Transplantasi Karang di Labuhan Aji Pulau Moyo

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kelopmok Konservasi Sumbawa Grow Up...

Krisis Pariwisata dan Covid-19: sebuah refleksi

Oleh : Mohamad Joemail, SST. Par., M. Par.*) [email protected] Tulisan...