oleh

Tasyakkuran Hut ke-72 RI, Husni-Mo Beberkan Capaian Kinerja Pemerintah

malam tasyakkuran HUT RI ke 72 sumbawaSumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Malam Tasyakkur HUT ke 72 Kemerdekaan RI, Kamis malam (17/8) di lapangan Pahlawan Sumbawa Besar dimeriahkan oleh Kesenian Tradisional Sumbawa dan parade lagu – lagu perjuangan oleh Sanggar Lisir Smanda SMAN 2 Sumbawa Besar, juga tampil kesenian Barongsae dari Paguyuban Warga Tionghoa Kabupaten Sumbawa.

Dalam pidatonya, Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc mengungkapkan berbagai capaian yang telah diraih pemerintahan Husni—Mo yang baru berjalan satu setengah tahun dan sejumlah program yang akan dan sedang dilaksanakan.

barongsai malam tasyakkuran HUT RI ke 72 sumbawa
Kesenian Barongsae dari Paguyuban Warga Tionghoa Kabupaten Sumbawa.

Seperti dalam bidang infrastruktur, akses transportasi ke kecamatan – kecamatan yang terisolir telah dapat diatasi secara bertahap dengan kondisi jalan mantap. Di tahun 2016 telah dilaksanakan peningkatan dan pemeliharaan jalan kabupaten dan infrastruktur pendukung sepanjang 105,19 km dengan anggaran kurang lebih 149 milyar rupiah, termasuk di dalamnya akses Lantung-Ropang, Teladan-Kelawis, Batu dulang-Tepal, Pelita-Batu rotok, Mata-Toloi, Brang Rea-Sempe. Pada tahun 2017 ini, kita melanjutkan pekerjaan tahun 2016, sepanjang 78,5  km, dengan anggaran sekitar 111 milyar rupiah, meliputi ruas Ropang-Lebin, Labangkar-Ranan, Lantung-Ropang, Lantung Ai Mual-Lantung Pedesa, Ropang-Lawin, Simpang Lawin-Labangkar, dan beberapa luas di kecamatan Batu Lanteh, Unter Iwes, dan Orong Telu.

Dalam bidang pertanian lanjutnya, produksi padi terus meningkat, hingga daerah ini tetap menjadi salah satu lumbung beras yang menopang keberlanjutan program ketahanan pangan secara nasional. Di tahun 2016 saja produksi padi mencapai 432.729 ton, meningkat dari target 432.436 ton. Demikian pula jagung yang memiliki prospek sangat menjanjikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumbawa. Tahun 2016 lalu produksi jagung mencapai 467.240 ton melampaui target yang ditetapkan sebesar 262.500 ton. Ke depan akan menargetkan produksi satu juta ton per-tahun dan untuk mendorong keberhasilannya pihaknya sedang memformulasikan sebuah Program Aksi Gerakan Masyarakat Agribisnis Jagung, Integrasi Sapi (Gema Jipi).

Baca juga:  Bupati Sumbawa, "Ajak Masyarakat Waspadai Gafatar,"

Di samping itu, dalam menunjang kemajuan sektor pertanian, juga telah berhasil diperjuangkan bantuan dari pemerintah pusat berupa alat-alat produksi pertanian seperti hand tracktor, pompa air, hands prayer, alat tanam padi, alat tanam jagung, alat panen padi, dan lain-lain, termasuk bantuan pembangunan sumur dangkal, jaringan irigasi, dan cekdam serta jalan usaha tani. “Beberapa hari yang lalu, kami juga sudah menerima tim dari Sekretariat Kabinet dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang meninjau langsung rencana pembangunan embung kecil di 106 titik di daerah ini. “Bahkan kami sudah mengusulkan agar launching pembangunan 30 ribu embung kecil di seluruh Indonesia bisa dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa,” ungkapnya.

Terkait dengan upaya peningkatan roda perekonomian masyarakat, kata Bupati, pihaknya akan terus melakukan pembenahan terhadap pasar-pasar yang ada. Tahun ini telah dimulai pembangunan Pasar Brang Bara, yang akan menjadi pasar tradisional modern Tipe C dengan anggaran Rp 6 milyar melalui Dana Tugas Perbantuan Kementerian Perdagangan RI. Selain itu juga diprogramkan penyusunan DED Pasar Seketeng. Kemudian DED Pasar Karang Dima yang akan dijadikan sebagai pasar distribusi (pasar induk) yang terintegrasi dengan Terminal Sumer Payung. Penataan pasar juga dilakukan terhadap pasar-pasar di kecamatan yang kondisinya sudah kurang memadai, seperti Pasar Utan, Pasar Langam, dan lain-lain. “Kami juga terus berupaya maksimal memberdayakan potensi kemaritiman bagi kesejahteraan masyarakat. Sinyal-sinyal positif dari kunjungan menteri kelautan dan perikanan dan pejabat-pejabat negara lainnya ke daerah kita, mudah-mudahan segera terealisasi, seperti pembangunan Dermaga Teluk Santong, pembangunan industri garam oleh PT. Kimia Farma dan lain-lain,” imbuhnya.

Baca juga:  Fraksi DPRD Kabupaten Sumbawa Segera Terbentuk

Di bidang kesehatan, pemerintah daerah juga terus menempuh upaya peningkatan daya dukung sarana dan prasarana kesehatan seperti perbaikan infrastruktur rumah sakit untuk optimalisasi pelayanan RSUD kepada masyarakat selain rencana merelokasi RSUD yang juga terus dipersiapkan. Termasuk akreditasi semua puskesmas terus diupayakan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat.

Pada akhir sambutannya Bupati menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh aparat TNI, Polri, ASN, serta seluruh elemen masyarakat Sumbawa yang telah berpartisipasi mendukung pemerintah dan pembangunan daerah, sekaligus kebersamaan dalam menjaga daerah ini agar selalu kondusif. Kondusif bagi pengembangan investasi, kondusif bagi pembangunan di segala bidang, serta kondusif bagi kehidupan seluruh masyarakat Sumbawa. (KS/adm)

ksbksb ksbksb