Alhamdulillah, Nelayan Poto Tano Terima Sampan Bantuan Pemda KSB

Date:

Bantuan kapal kepada nelayan ksbSumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Nelayan di Kecamatan Poto Tano akhirnya tersenyum lebar, Rabu siang (16/8). Pasalnya, mereka menerima sampan dari Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M.

Sampan yang diterima para nelayan Poto Tano ini adalah sampan jenis fiberglass. Selain sampan, para nelayan juga menerima mesin pengangkut rumput laut. Peralatan untuk para nelayan ini merupakan bantuan Bariri Nelayan Program Pembedayaan Gotong Royong (PDPGR).

Dalam penyerahan sampan dan mesin pengangkut rumput laut ini, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T ikut hadir mendampangi Bupati dan juga para pejabat lainnya serta masyarakat Poto Tano.

Bupati Sumbawa Barat dalam sambutannya mengatakan, pendataan penerima dan pengawasan bantuan ini dilakukan secara gotong royong. Adalah Agen PDPGR, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan TP4D yang melaksanakannya. Nelayan pun diimbau untuk tidak menjual perahu dan mesin pengangkut rumpu laut yang diberikan.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Bupati meminta para nelayan menggunakan peralatan yang diberikan. Hasil yang didapatkan di tabung dan diniatkan untuk pergi haji. ‘’Bapak-bapak kalau Ikhlas, Jujur, Sungguh-Sungguh bekerja pasti yang yang diinginkan akan tercapai,” kata Bupati.

Namun, lanjut Bupati, konsekwensi dari penerimaan bantuan ini adalah, penerima bantuan harus menabung. Nilai tabungan dari rekening yang dibuka adalah 10 persen dari nilai bantuan. Uang yang ditabung itu pun bukan untuk daerah, melainkan untuk nelayan sendiri.

‘’Itu sudah MoU pemda sama Bank. Jangan di tawar-tawar. Sisihkan saja rizki dari hasil melautnya, dan itu jadi uang bapak-bapak sendiri,” imbuh Bupati.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan KSB, Zainal Arifin, SP dalam laporannya mengatakan, anggaran program unggulan PDPGR Bariri Nelayan yang ditangani Dinas Kelautan dan Perikanan sebsar Rp. 24 miliar. Dari nilai tersebut, Rp. 14,799 miliar dialokasikan untuk membeli sampan untuk nelayan Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 943 unit. Kemudian mesin pengangkut rumput laut 128 unit.

‘’Jadi 60,85 persen bantuan Bariri Nelayan tercurah untuk daerah pesisir,” katanya.

Perhatian juga diberikan kepada masyarakat non pesisir, yakni pembudidaya rumput laut, kerang mutiara dan pembudidaya ikan air tawar. Sementara sisanya, diperuntukkan bagi pengolah dan pemasar hasil dan produk perikanan.(KS/yud)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...

6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seri ke 11 Motocross MXGP...

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...