Peringati Harkopnas, Dekopinda Sumbawa Gelar Talkshow Koperasi

Date:

talkshow koprasiSumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) ke 70 yang dirangkaikan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun 2017 di Kabupaten Sumbawa, Dekopinda Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan kegiatan olahraga kesehatan dan sosial sebagai bentuk perwujudan solidaritas gerakan dan pemasyarakatan koperasi. Adapun  kegiatan yang dilaksanakan adalah olahraga jalan santai, donor darah dan pemeriksaan kesehatan, serta talkshow yang dilaksanakan pada Minggu, 6 Agustus 2017 bertempat di RTH (Ruangan terbuka Hijau) Taman Mangga Sumbawa Besar.

Peserta talkshow berasal dari gerakan koperasi, pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum dengan Nara Sumber Wakil Bupati Sumbawa, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindag Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa dalam UUD 1945 pasal 33 dinyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah koperasi. Diusia koperasi yang ke-70 tahun ini, banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya. Koperasi-koperasi tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan, sehingga tingkat kesenjangan atau ketimpangan ekonomi dapat dikurangi. “kitapun juga menyadari, masih banyak koperasi yang belum berhasil, memiliki permasalahan intern, kesulitan permodalan dan persoalan organisasional lainnya. Masih banyak pula anggapan negatif dan pandangan pesimis sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi, sebagai gambaran di Kabupaten Sumbawa sendiri dari total 392 koperasi, terdapat 207 koperasi aktif dan 185 koperasi yang tidak aktif, walaupun jumlah koperasi yang aktif masih lebih banyak, namun itu semua merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk meminimalisir jumlah koperasi yang tidak aktif,” imbuhnya.

Baca juga:  Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

Wakil Bupati berharap kegiatan talkshow ini  menjadi media yang cukup tepat untuk membangun sensitifitas dan kesadaran kita semua dalam menyikapi berbagai permasalahan yang dihadapi perkoperasian kita. Diperlukan tindakan kongkrit dalam membangun cara pandang maupun dalam mengelola koperasi secara baik dan benar dan juga kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang dapat mendorong peningkatan kualitas koperasi yang ada di kabupaten Sumbawa, sebab kegiatan koperasi diharapkan akan mampu menyelaraskan struktur perekonomian nasional, mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, mengurangi tingkat pengangguran terbuka, menurunkan tingkat kemiskinan, mendinamisasi sektor riil, dan memperbaiki pemerataan pendapatan masyarakat.

Baca juga:  Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - PT Pertamina Patra Regional Jatimbalinus...

Momen Ramadhan, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Memasuki bulan suci Ramadhan tahun ini...

Pertamina Tambah Pasokan LPG 3 Kg Masa Ramadhan dan Idul Fitri di Pulau Sumbawa

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyiapkan...

Indosat Berkah Ramadan 2024 : Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau...