oleh

Rekonstruksi Generasi Qur’ani Hebat dan Bermartabat

REFLEKSI MTQ TK. KAB.SUMBAWA 2017
Oleh : UBAIDULLAH
Official MTQ Dari Kec. Batulanteh
“ Sungguh, Alqur’an ini memberi petunjuk ke( jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar” (Al-Israa: 9).

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sebuah tradisi tahunan yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah baik di Indonesia bahkan dunia, khususnya kabupaten sumbawa. Event ini secara berkala dilombakan baik dari tingkat Desa, Kecamatan, kabupaten, Provinsi, Nasioanal bahkan International. Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah sebuah ligeesi religi yang harus ditunaikan dan mendapat attensi dari semua elemen masyarakat. Tentunya, MTQ tidak hanya sebatas menjadi kegiatan rutin untuk mencari qori, qoriah, hafiz, hafizah terbaik melainkan lebih dari nilai-nilai fundamnetal alqur’an mampu terpatri dan bersamyam dalam setiap diri umat muslim.
MTQ tidak hanya menjadi rutinitas yang bersifat seremonik, melainkan ada upaya proses ekskavasi nilai-nilai fundamental qur’an dalam merekonstruksi generasi qur’ani yang hebat dan bermartabat. Selaras dengan tema yang diambil pada MTQ kali ini yaitu sebagai sarana pendalaman makna Qur’an menjadi inspirasi pembangunan sumbawa yang berkarakter religius, rukun, maju, dan bersatu menuju sumbawa hebat bermartabat. Tema ini akan berimplikasi positif dan konstruktif dalam kehidupan masyarakat manakala ada upaya kontinyu yang besifat aplikaitif yang terus dilakukan oleh pemerintah lewat kegiatan pemberdayaan. Tentunya kita berharap, bahwa MTQ ini tidak hannya menghabiskan anggaran banyak begitu saja, tapi yang terpenting adalah bagaiman output yang dihasilkan oleh qori dan qoriah, hafiz dan hafiza dan semua yang nimbrung di dalamnya mampu melahirkan perubahan transpormatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Perlu kita pahami bersama bahwa qu’an adalah kitab suci yang menjadi penyempurna kitab suci sebelumnya. Qur’an menyimpan muatan keberkahan dan kemuliaan yang tidak ada pada kitb lainnya. Qur’an tidak menyimpan muatan keraguan dan kepalsuan, melainkan qur’an menyimpan seluruh huda (petunjuk) untuk membentuk setiap orang yang mempelajari dan mentadabburi maknanya menjadi manusia yang berprilaku baik dan berbudaya dalam kesehariaanya. Qur’an mampu dijadikan sahabat, teman yang selalau ada dalam keseharian kita. Qur’an sebagai way of life harus mampu menjadi pelipur lara dan penghapus duka bagi siapapun yang membaca dan mengaplikasikan nilai-nllai yang dikadunginya. Qur’an mampu menjadi syifa (obat) berbagai macam penyakit rohani (jiwa) atau jasmaniah (fisik). Dengan demikian alquran adalah kitab yang didalamnya tersimpan muatan kebaikan, kemaslahatan, keberkahan, dan kemuliaan yang harus kita ambil dan terapkan dalam kehidupan kita.
Formula Generasi Qur’ani Hebat dan Bermartabat
Buruknya iklim kehidupan berbangsa dan bernegara yang terus menggerogoti kehidupan generasi mudanya, sehingga mengakibatkan terproduksinya generasi bobrok, lembek, somobong, takabur dan kurang ajar. Iklim kehidupan yang dipengaruhi oleh arus globalisasi, modernisasi, transformasi budaya barat yang kian kencang merasuki sendi-sendi kehidupan kita. Budaya kebaratan ini telah menjadi santapan sedap setiap hari seperti narkoba, minuman keras, seks bebas dan lain sebagainya. Semua ini telah mejadi bagian yang sulit terpisahkan dari gelanggng kehidupan komunitas warga yang notabene mayoritas beridentitas muslim ini. Tentunya ini sangat emergency dan harus segera diantisipasi sejak dini oleh semua kalangan baik itu orang tua, guru dan juga pemerintah agar virus ini tidak mematikan generasi muda kita. Sinergitas yang baik dan kontinyu akan menjadi penghalau dan peredam laju geraknya penyakit ini dalam merusak generasi muda bangsa khususnya samawa tercinta.
Berangakat dari fenomena ini, maka lewat momentum musabaqah tilawatil qur’an (MTQ) yang diselenggerakan setiap tahuannya, harus mampu menjadi penawar, tameng untuk menciptakan generasi qu’ani. Generasi qur’ani yang dimaksud adalah genarsi yang didalam dirinya disinari oleh cahaya alqur’an yang semuanya mengandung nilai edukasi yang paripurna dan syarat makan akan kebaikan dan kemaslahatan.
Genrasi qur’ani yang hebat adalah genrasi yang mampu menjadikan dirinya sebagai pioner masa depan yang menyimpan muatan nilai. Values (nilai) yang dimaksud adalah integritas, moralitas, tanggungjawab dan rasa percaya diri untuk selalau bermetamorfosa menjadi robot yang tak bisa dikalahkan, karena telah disinari, dibentengi, dimasuki oleh energi alqur’an. Generasi qur’ani yang bermartabat adalah generasi yang memiliki nilai diri, harga diri yang patut dijaga, dipelihara agar tidak tercemarai oleh noda-noda hitam yang membuat terjerumus ke lembah kehancuran. Suatu bangsa dan negara akan maju dan mampu berkompetisi manakalah generasinya kuat (ilmu pengetahuan baik dunia maupun akhirat), punya harga diri, memilki kapasitas dan kapabiltas yang menjadi power untuk bersaing. Dan sebaliknya suatu bangsa dan negara akan hancur manakala generasi mudanya lembek, bobrok, dan tidak memilki harga diri.

ksbksb ksbksb
Baca juga:  ASIMILASI NAPI BUKAN ASAL BEBAS