BBGRM Ke XIV Tahun 2017 Di Kabupaten Sumbawa Resmi Dicanangkan

Date:

Sumbawa, KabarSumbawa.com – “Pencanangan gerakan BBGRM yang dilaksanakan setiap tahun, diharapkan dapat memicu semangat budaya gotong royong masyarakat atau semangat “Basiru” dalam adat Samawa, sehingga mampu menjadi kekuatan bersama dalam menyukseskan pembangunan yang berkelanjutan”, harap Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya saat mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV tahun 2017 Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Lenangguar, Rabu (5/7/2017) yang ditandai dengan pemukulan gong.

Mengingat kondisi terkini bahwa perkembangan desa di Kabupaten Sumbawa yang berstatus “maju” baru mencapai 10 desa (6,37%), selebihnya status “berkembang” sejumlah 90 desa (57,32%), status “tertinggal” sebanyak 51 desa (32,48%), dan masih ada 6 desa (3,82%) berstatus “sangat tertinggal”, sehingga melalui kegiatan yang hari ini dicanangkan, kita berharap berbagai program pembangunan pemerintah dan masyarakat baik kabupaten, kecamatan maupun desa/kelurahan dapat terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan lebih maksimal dari berbagai elemen masyarakat dan lembaga kemasyarakatan yang ada. Disamping itu, semangat kebersamaan dan kegotongroyongan dapat terus tumbuh dan berkembang dalam masyarakat di desa sehingga mampu mengembangkan kemandiriannya dalam menyelenggarakan tata kelola pemerintahan desa yang baik, menuju Sumbawa yang hebat dan bermartabat, lanjut Haji Mo’ sapaan akrab Wabup Sumbawa.

Melalui kesempatan tersebut, Wabup juga mengingatkan, bahwa penyelenggaraan pemerintahan dari pusat sampai ke daerah, bahkan sampai ke tingkat desa merupakan rangkaian yang tak terpisahkan, dengan kewenangan secara berjenjang yang diatur dengan peraturan perundang-undangan. Artinya, berbagai program ataupun permasalahan yang timbul harus bisa diselesaikan dengan baik sesuai dengan kewenangan yang ada. Permasalahan-permasalahan yang timbul di desa misalnya, sedapat mungkin bisa tuntas di tingkat desa, dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten. Begitu pula permasalahan-permasalahan yang ada di tingkat kecamatan, kabupaten, dan seterusnya. Dengan demikian, semua jenjang atau struktur pemerintahan dapat berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa serta lembaga-lembaga terkait, saya minta agar dapat memberdayakan seluruh potensi yang ada, dengan tetap mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta melakukan koordinasi yang intens dengan pemerintah kecamatan dan perangkat-perangkat daerah terkait.

Baca juga:  BLK Sumbawa Mulai Rekrut Calon Peserta PBK Tahap I Tahun 2024

”Kami memberikan apresiasi mendalam kepada kecamatan-kecamatan dan desa-desa yang telah mampu menggali dan mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya ada beberapa desa yang hari ini dideklarasikan sebagai desa ekowisata, yaitu Desa Pernek, Desa Batu Dulang, Desa Songkar, Desa Pelat, dan Desa Marente. Desa-desa tersebut telah melakukan beberapa inovasi, melalui pemberdayaan masyarakat dan lembaga di desa, yang ditunjang dengan adanya rencana tapak dari kph batu lanteh. Dimana hal tersebut selaras dengan salah satu misi yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021, yaitu mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Begitu pula beberapa kecamatan dan desa inspiratif yang telah melakukan terobosan-terobosan baru, kiranya bisa menjadi inspirasi bagi kecamatan dan desa yang lain,” ungkapnya.

Plt. Camat Lenangguar, Syahruddin, S.Sos menyampaikan gambaran umum situasi dan kondisi terkini Kecamatan Lenangguar, yang terdiri dari empat desa, Desa Lenangguar, Tatebal, Ledang Belaga. Perkembangan yang terjadi di Kecamatan Lenangguar, sehubungan dengan akan dilaksanakan kegiatan eksplorasi PT. AMNT di Kabupaten Sumbawa khususnya di wilayah Kecamatan Lenangguar. “semoga hal ini akan membawa angin segar dan dampak positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Dalam rangka meningkatkan semangat gotong royong di tengah masyarakat sebagai wujud semangat BBGRM ke XIV pemerintah Kecamatan Lenangguar bersama pemerintah desa dan aparatur terkait lainnya telah melakukan kegiatan gotong royong masyarakat pada masing-masing desa dengan berbagai kegiatan yang terdiri dari pembersihan pemakaman umum, jumat bersih di lingkungan tempat tinggal warga, membersihkan rumah-rumah ibadah dan tempat-tempat umum lainnya. Berkaitan dengan pencanangan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke XIV tingkat Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Lenangguar pemerintah desa Lenangguar melalui APBDes tahun 2017 memprioritaskan penyelesaian pembangunan panggung hiburan senilai 8 juta rupiah dengan ukuran lantai panggung seluas 6×12 meter, dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu berkat dukungan dan partisipasi masyarakat.

Baca juga:  Antisipasi DBD, Dikes Sumbawa Galakkan Pemberantasan Nyamuk

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri, M.Si dalam laporannya menyampaikan Kegiatan BBGRM yang mulai digaungkan dan dicanangkan sejak tahun 2005 sejatinya datang untuk merevitalisasi dan mengangkat marwah gotong royong ini ke posisi yang seharusnya. Kegiatan yang dilaksanakan dalam pencanangan BBGRM yaitu penyerahan secara simbolis bantuan kepada masyarakat yang berasal dari BUMN dalam hal ini Bank BRI, BUMD, dan dinas instansi terkait, pelepasan bibit ikan di kolam rakyat dan penyerahan secara simbolis bantuan keuangan kepada pemerintah desa untuk disalurkan bagi petani miskin melalui BUMDes yaitu dengan program Desa Bebas Rentenir yaitu Kredit Sahabat di 10 kecamatan 75 desa di Kabupaten Sumbawa. Hingga hari ini dari 75 desa yang menjadi sasaran program desa bebas rentenir sudah terealisasi 43 desa dengan jumlah anggaran 8,7 miliar rupiah. Termasuk untuk desa Lenangguar sudah cair.

Dalam kegiatan pencanangan BBGRM tersebut juga sekaligus dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis dari tim medis Dinas Kesehatan dan donor darah yang dilakukan oleh unit transfusi darah PMI Kabupaten Sumbawa, serta pelepasan bibit ikan di kolam rakyat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...