oleh

Sejuta Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

KabarSumbawa.com – Buah Pisang tidak hanya sebagai buah biasa, ternyata berdasarkan penelitian buah inimerupakan buah ajaib. Wah pasti tidak semua orang tahu bahwa ada banyak manfaat apabila Anda mengkomsumsinya setiap hari, Ingin tahu bagaimanakah buah ajaib ini dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit ?

Annisa Nur Baiyyinah
Annisa Nur Baiyyinah
Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang

Pisang mengandung tiga jenis gula alami – sukrosa, fruktosa, dan glukosa – serta serat yang konon memegang peran utama dalam menambah energi. Membuktikan bahwa energi yang dihasilkan oleh dua buah pisang ukuran sedang sama dengan energi yang dikeluarkan seseorang ketika melakukan pekerjaan selama 90 menit. Jika dibandingkan dengan apel, pisang memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih tinggi, kadar fosfor empat kali lebih tinggi, kadar vitamin A dan zat besi lima kali lebih tinggi, serta kadar vitamin dan mineral lainnya dua kali lebih banyak. Selain itu pisang pun mampu memperbaiki keadaan fisik, pikiran, serta emosi seseorang. Adapun manfaat pisang yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti dibawah ini :

iklan

Anemia : Pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat memicu tubuh memproduksi hemoglobin lebih tinggi.

Tekanan Darah : Pisang sebagai buah-buahan khas tropik yang mengandung potasium tinggi sehingga sangat cocok bagi orang dengan tekanan darah tinggi yang harus melakukan diet rendah garam namun tetap membutuhkan potasium. Bahkan akhir-akhir ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Amerika Serikat (US Food and Drug Administration) mengizinkan para petani pisang untuk mengiklankan bahwa pisang memiliki kemampuan mengobati bagi pasien tekanan darah tinggi.

Baca juga:  Geliat Pokdarwis Alam Asri Pantai Jelenga, Menuju Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019

Daya Nalar :Jika seseorang mengonsumsi pisang pada pagi hari di waktu sarapan.kemampuan berpikir dan daya tangkap akan mereka semakin baik karena potasiumyang ada dalam buah-buahan dapat membuat seseorang menjadi lebih awas dan waspada sehingga lebih mudah berkonsentrasi.

Pencernaan : Karena mengandung serat yang tinggi pisang dapat menekan produksi asam lambung, terutama yang terserang radang lambung – sehingga tidak menyebabkan nyeri lambung. Para pakarpun menyetujui bahwa pisang merupakan satu-satunya buah yang kandungan asam dan seratnya tidak membahayakan para penderita tukak lambung. Sebaliknya pisang akan menetralisir asam lambung dan melapisi lambung yang luka.

Depresi :Para penderita depresi dapat mengurangi tingkat depresi setelah mengonsumsi pisang. Ini disebabkan karena pisang mengandung protein trypotophan, sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi enzim serotonin yang mampu membuat seseorang menjadi lebih santai, lebih tenang, dan lebih bahagia. Selain itu pisang pun sangat baik bagi orang yang sedang stres.. Potasium dalam pisang mampu membuat detak jantung lebih stabil sehingga oksigen yang dipasok keotaktetap stabil. Ketika seseorang stres kadar potasiumnya berkurang akibat metabolisme yang meninggi. Untuk menormalkan kembali cukup dengan makan pisang sebagai obat alami.

Terbakar : Jika Anda terlalu lama melakukan kegiatan di luar ruang dan suhu tubuh mengalami kenaikan akibat sorotan sinar matahari, coba untuk makan pisang karena pisang mampu mengurangi suhu tubuh akibat kandungan antacid.

Mual di Pagi Hari : Bagi ibu hamil yang sering mual di pagi hari tak ada salahnya untuk memakan pisang sebagai camilan. Kandungan gula alami yang tinggi dapat mempertahankan kadar gula yang tetap dalam darah sehingga mengurangi rasa mual.

Baca juga:  Tips Praktis Merawat Kulit Agar Tetap Cerah ala Michella Putri

Gigitan Nyamuk : Jika Anda tidak memiliki balsam ketika digigit nyamuk atau serangga lainnya oleskan bagian dalam kulit pisang pada bagian yang radang/gatal. Kandungan enzim pada bagian dalam kulit pisang mampu mengurangi rasa gatal dan nyeri akibat iritasi gigitan serangga.

Baik Bagi Saraf : Pisang mengandung vitamin B dengan kadar tinggi yang sangat berguna bagi sistem saraf tubuh.

Pra Menstruasi : Lupakan pil penghilang rasa sakit. Ganti dengan pisang yang mengandung vitamin B 6. Pisang dengan kadar B 6 yang tinggi mampu mengatur kadar gula dalam darah sehingga mampu mengontrol suasana hati akibat gejolak hormon di saat sebelum menstruasi.

Baik bagi Pecandu Rokok : Pisang pun sangat baik bagi para pecandu rokok karena mengandung vitamin C, A, B 6, B 12,potasium, dan magnesium. Semua vitamin dan mineral tersebut membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh akibat nikotin lebih cepat.

Dan itulah sejuta manfaat pisang yang kita dapat ketahui dalam menyembuhkan beberapa penyakit dan baik bagi kesehatan kita. Jadi jangan meremehkan khasiatnya buah kuning ini didalam kehidupan kita ya guys.