SMAN 2 Jadi Duta Sumbawa ke LCC Empat Pilar Provinsi NTB

146

sma 2 jadi duta lomba cerdas cermat ke provinsi NTB

Lima Kali Pertahankan Gelar Tak Terkalahkan

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – SMA Negeri 2 Sumbawa membuktikan diri menjadi yang terbaik untuk Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kebangsaan tingkat Kabupaten Sumbawa. Pada LCC yang digelar di Aula SMKN 1 Sumbawa, Kamis (17/5), sekolah yang dipimpin H Muhammad Tahir M.Pd ini berhasil mempertahankan gelar dan tradisi juara. SMAN 2 Sumbawa dipastikan mewakili Sumbawa ke LCC tingkat Provinsi NTB setelah pada babak final berhasil mengalahkan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa dan SMAN 1 Lunyuk.

Lomba yang dibagi dalam tiga babak yakni Topik Kasus, Pilihan dan Rebutan ini berlangsung sangat dramatis. Dari tiga babak ini SMA Negeri 2 bersaing ketat dengan MAN 1 Sumbawa. Kejar mengejar poin pun terjadi dengan selisih poin yang sangat tipis. Suara riuh rendah supporter yang memberikan semangat kepada sekolahnya masing-masing seketika terhenti. Suasana menjadi hening, rona ketegangan tergambar di raut wajah peserta, penonton apalagi pembina dan pendamping. Sebab poin akhir dari MAN 1 dan SMAN 2 Sumbawa seimbang, sama-sama mengoleksi 197 poin. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi pemenang, Dewan Juri menggunakan sistem persentase. Hal ini berdasarkan aturan yang telah disepakati jauh sebelum kompetisi digelar. Hasil akhir, MAN 1 Sumbawa meraih 42,25 persen, sedangkan SMAN 2 Sumbawa 43,00 persen sekaligus ditetapkan sebagai pemenang. Teriakan histeris suporter SMAN 2 Sumbawa seketika memecah kesunyian. Mereka saling berangkulan dan tidak sedikit yang meneteskan air mata. SMAN 2 Sumbawa mencatat sejarah, meraih gelar kelimanya pada LCC Tahun 2017 ini. “Alhamdulillah LCC 4 Pilar Kebangsaan sudah dilaksanakan dengan hasil yang sangat memuaskan,” ucap Kepala UPT Layanan Dikmen PK/PLK Kabupaten Sumbawa, Lalu Manan yang tak beranjak dari sejak babak penyisihan hingga babak final.

Ia merasa kagum bahwa ternyata para peserta LCC merupakan anak-anak yang pandai dan cerdas. Ini dibuktikan dalam babak penyisihan dan final nilai mereka sangat ketat. Bahkan di babak final SMAN 2 Sumbawa dan MAN 1 Sumbawa bersaing ketat, selisihnya sangat tipis. “Semuanya terbaik, saya kagum,” ujarnya.

Untuk LCC tingkat Provinsi yang digelar 23 Mei mendatang, Lalu Manan berharap SMAN 2 Sumbawa dapat membawa nama harum Sumbawa dan NTB ke tingkat nasional.

Sementara Pembina LCC SMAN 2 Sumbawa, Ida Royani S.Pd M.Pd, mengaku sangat bahagia. Jiwanya seketika plong setelah tim binaannya berhasil menjadi juara bertahan. Prestasi itu merupakan hasil perjuangan dan kerja keras selama berbulan-bulan. Ia menilai prosesi lomba tersebut sangat menegangkan, mendebarkan dan spektakuler. Ida—sapaan singkat guru bersahaja ini, memuji kemajuan MAN 1 Sumbawa yang sangat signifikan. Sebab dia menyakini bahwa persiapan dan kerja keras tim MAN 1 hampir sama dengan SMAN 2 Sumbawa. Ini terlihat dari nilai yang diraih sangat kompetitif, dan hanya selisih persentase. “MAN 1 sangat luar biasa. Saya meyakini persiapan dan kerja keras mereka untuk menjadi pemenang, tidak jauh beda dengan anak-anak binaan kami,” cetus Ida.

Guru PPKn ini bersyukur karena timnya berhasil mempertahankan gelar. Bahkan menjuarai LCC tingkat Kabupaten sudah yang kelima kalinya yang diraih secara berturut-turut sejak 2013 lalu. Karenanya Ida berharap dukungan doa semua pihak agar SMAN 2 Sumbawa bisa menjadi wakil NTB di tingkat nasional.

Untuk diketahui, keberhasilan SMAN 2 Sumbawa meraih juara diawali dari seleksi tingkat Rayon. Sekolah tersebut berhasil mengalahkan SMAN 1 Lape. Selain SMAN 2 Sumbawa ada 6 sekolah lainnya yang mewakili rayon, sehingga pada LCC tingkat kabupaten diikuti 7 sekolah.

Di babak penyisihan, SMAN 2 berhasil mengalahkan MAN 2 Sumbawa. Kemudian MAN 1 mengalahkan SMAN 1 Moyo Utara dan MAN NW Sumbawa. Sementara SMAN 1 Lunyuk mengalahkan SMAN 1 Plampang. Ketiga sekolah yang menang ini masuk babak final. Melalui proses yang menegangkan, MAN 1 Sumbawa dan SMAN 1 Lunyuk, harus mengakui kehebatan SMAN 2 Sumbawa. (KS/adm)

loading...
BAGIKAN