Jelang Ramadhan, Stok Beras Dan Gula Aman

Date:

stok gula dan beras di gudang bulog sumbawaSumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Menjelang puasa ramadhan hingga lebaran, beberapa jenis pangan mengalami ketidak stabilan harga, bahkan harga sembako pun dikhawatirkan akan mengalami kenaiakan harga selama ramadhan hingga idul fitri 2017 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perum Bolug Subdivre Wilayah I Sumbawa, DRS Lalu Tawang, kamis (18/05) mengatakan bahwa untuk kabupaten sumbawa stok beras tergolong aman, sebab pengadaan beras pada tahun ini ada sebanyak 23.000 ton dan telah disalurkan sebanyak 661 ton sebagai Rastra atau Beras Rakyat Sejahtera pengganti Raskin, masing – masing untuk kabupaten sumbawa sebanyak 510 ton dan KSB sebanyak 151 ton.

“stok kami masih aman, jika dihitung, masih banyak tersisa untuk kebutuhan sekitar dua tahun kedepan”, ujar L. Tawang. Begitu pula dengan stok Gula Pasir yang tergolong aman, harga gula pasir bulog sesuai HET (harga Eceran Tertinggi) sekitar Rp.12.500 per kilogram.

Baca juga:  Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

Saat ini ada sebanyak 20 ton gula pasir yang dipesan dari Divre Bulog Mataram dan harus berada di gudang sebelum masuk puasa ramadhan, sambil menunggu pasokan gula pasir sebanyak 100 ton yang dipesan dari PTPN Ujung Pandang, tukasnya.

Untuk diketahui, sejak dua bulan yang lalu, Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog), Djarot Kusumayakti telah melakukan persiapan terkait pasokan kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2017.

Baca juga:  Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

Saat ini stok beras yang tersedia di Perum Bulog mencapai 1,9 juta ton, namun dalam stok tersebut juga ada pasokan beras sejahtera (rastra) sebanyak 230.000 ton hingga 700.000 ton untuk penyaluran rastra selama tiga bulan. jika dihitung secara garis besar, dengan stok 1,9 juta ton dan dikurangi untuk penyaluran rastra sebesar 700.000 ton, maka masih tersisa stok beras sebanyak 1,2 juta ton.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita memastikan pemerintah tak akan mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan pangan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2017. (KS/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - PT Pertamina Patra Regional Jatimbalinus...

Momen Ramadhan, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Memasuki bulan suci Ramadhan tahun ini...

Pertamina Tambah Pasokan LPG 3 Kg Masa Ramadhan dan Idul Fitri di Pulau Sumbawa

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyiapkan...

Indosat Berkah Ramadan 2024 : Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau...