oleh

Tingkatkan Sistem Lalu Lintas Yang Baik, Dishub Gelar Sosialisasi

Sosialisasi Dishub SumbawaSumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Demi terlaksanya sistem penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang baik, untuk memecahkan dan menganalisis permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan yang terjadi, serta tercapainya kualitas pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang baik untuk masyarakat, Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi NTB menggelar Sosialisasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di aula Hotel Tambora pada Rabu (10/5/2017).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa lalu lintas merupakan salah satu masalah penting yang harus menjadi perhatian pemerintah, sebab lalu lintas terkait dengan sarana masyarakat untuk bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Apabila arus lalu lintas terganggu atau terjadi kemacetan, maka mobilitas masyarakat juga akan mengalami gangguan. Gangguan-gangguan ini akan berdampak negatif pada masyarakat. Sebagai salah satu daerah yang sedang berkembang, Kabupaten Sumbawa seperti daerah berkembang lainnya mengalami permasalahan-permasalahan yang cukup kompleks dibandingkan dengan daerah yang sudah maju, mulai dari pertumbuhan penduduk, kesenjangan sosial, hingga kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembangunan itu sendiri.

Baca juga:  Sekda Sambut Tim Juri Lomba Sekretariat TKPSDA WS

Masalah lalu lintas merupakan suatu masalah yang cukup rumit lanjut Sekda, yang membutuhkan pemikiran kolektif untuk dipecahkan dan sangat penting untuk segera diselesaikan. Sebab apabila masalah lalu lintas tidak terpecahkan, maka semua kerugian yang timbul akibat masalah ini akan ditanggung oleh masyarakat itu sendiri, dan apabila masalah ini dapat terpecahkan dengan baik, maka masyarakat sendiri yang akan mendapatkan manfaatnya. “Menjadi tugas kita selaku abdi negara dan juga abdi masyarakat untuk berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk juga masalah lalu lintas dan angkutan jalan”, jelasnya.

“Untuk diketahui bersama, diadakannya forum ini ialah sebagai media untuk melakukan koordinasi antar instansi penyelenggaraan yang memerlukan keterpaduan dalam merencanakan dan menyelesaikan masalah lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ), kemudian menyusun program pencegahan kecelakaan lalu lintas dibawah kepolisian, dan memberikan masukan dan saran dalam rangka penetapan rencana induk jaringan LLAJ.  Mengingat pemerintah Kabupaten Sumbawa saat ini sedang berupaya melakukan pengembangan infrastruktur jalan, maka perlu ada kerjasama yang baik antara semua stakeholder terkait agar nantinya program tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Sebab forum LLAJ ini adalah badan ad hoc yang berfungsi sebagai wahana untuk menyinergikan tugas pokok dan fungsi setiap instansi penyelenggara Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dalam rangka menganalisis permasalahan, menjembatani, menemukan solusi, dan meningkatkan kualitas pelayanan”, tutup Haji Rasyidi.

Baca juga:  Pesona Festival Moyo Diharapkan Jadi Agenda Nasional

Komentar