oleh

Kampanyekan Konsumsi Ikan, Wakil Bupati Sumbawa Kukuhkan Forikan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa menggelar Pengukuhan Kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) yang dilaksanakan Di Wisma Daerah Kab. Sumbawa pada Rabu (10/5/2017). Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sumbawa, para Kepala OPD Kabupaten Sumbawa, para Camat dan seluruh peserta Lomba.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Sumbawa memiliki kekayaan sumberdaya alam khususnya kelautan dan perikanan yang cukup besar dan beragam, dengan panjang pantai ± 982 km, dan luas perairan pantai termasuk zee seluas 74.000 km2. Selain itu Kabupaten Sumbawa juga memiliki  63 buah pulau-pulau kecil, 6 buah diantaranya yang berpenghuni, dan sebagian besar berada di perairan teluk saleh atau pantai utara (laut flores). Ini menunjukkan bahwa sesungguhnnya Kabupaten Sumbawa memiliki potensi perikanan yang sangat besar untuk dikelola, baik usaha penangkapan maupun budidaya, hanya saja permasalahannya adalah tingkat pemanfaatan potensi tersebut hingga saat ini belum optimal. Bidang penangkapan masih didominasi oleh kegiatan  dengan armada kecil, sehingga berdampak kepada tingkat eksploitasi yang tidak seimbang antara perairan pantai dengan lepas pantai. Kondisi tersebut jika tidak ditangani secara bijak dikhawatirkan akan menimbulkan kelebihan tangkap (over fishing) untuk perairan pantai, sementara perairan lepas pantai yang memiliki potensi besar perlu kita upayakan secara bertahap melalui modipikasi sarana penangkapan dengan ukuran besar.

Peningkatan kualitas sumberdaya manusia tidak lepas dari apa yang dikonsumsi setiap hari. Negara Jepang sebagai konsumer ikan terbesar dunia, yang terkenal dengan tradisi mengkosumsi ikan mentah, merupakan negara yang mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang berkualitas dan dapat berkompetisi di tingkat global. “Mari kita didik dan mempersiapkan anak-anak kita, generasi muda kita agar membiasakan diri untuk banyak mengkonsumsi/makan ikan, untuk menunjang peningkatan kesehatan dan kecerdasan anak/generasi muda kita”, ajak Wabup.

Baca juga:  Serapan Anggaran KSB di Triwulan Kedua, Akan Naik Di Atas Target

“Melalui pengukuhan Kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sumbawa, harapan saya saudara-saudara dapat bekerja lebih giat untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan konsumsi ikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), dengan tetap menjaga kebersamaan, serta “saling gayong, saling satotang” dalam mengimplementasikan hajat dari pembentukan forum ini”, harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, ketua FORIKAN Sumbawa Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah menyampaikan tema kegiatan lomba masak serba ikan pada tahun 2017 yaitu “Melalui lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Sumbawa kita dukung kedaulatan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat”.  Dengan tema tersebut diharapkan akan terjadi peningkatan pengelolaan masakan serba ikan dalam berbagai jenis cara pengolahan untuk memperkaya khasanah masakan yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa dalam rangka meningkatkan rasa dan penampilan, sehingga dapat meningkatkan selera makan masyarakat. Dengan demikian maka secara bertahap juga akan ikut meningkatkan konsumsi ikan dimasa-masa yang akan datang.

Tingginya perhatian Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan masyarakat untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan baik dalam bentuk pembiayaan anggaran dan program maupun kegiatan yang dilaksanakan lanjut Sovia, pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang kita miliki di Kabupaten Sumbawa. “Beberapa agenda rencana kegiatan forikan kedepan yang harus menjadi perhatian kita bersama antara lain mengukuhkan Forikan Kecamatan pada 24 kecamatan baik yang telah melaksanakan sosialisasi Gemarikan maupun yang belum. Selain itu, kita perlu meningkatkan dan memperluas koordinasi dan kerjasama dengan berbagai organisasi/lembaga dalam upaya peningkatan konsumsi ikan dan kampaye gemarikan serta kegiatan promotif dan edukatif kepada masyarakat luas agar gemar mengkonsumsi ikan sebagai salah satu sumber protein hewani dalam kehidupan sehari – hari”, jelasnya.

Baca juga:  Wabup Kembali "Cubit" Provinsi Soal Minimnya Anggaran Untuk KSB

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Ir. Dirmawan dalam laporanya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Sumbawa serta Tim Penggerak PKK Kab. Sumbawa dengan kegiatan yang telah dilakukan antara lain, pengukuhan Kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan, Lomba masak serba ikan yang diikuti oleh TP PKK Kecamatan dan organisasi – organisasi Wanita Kabupaten Sumbawa, Sosisalisasi Gemar Ikan di Kecamatan Lenangguar, Kecamatan Orong Telu, Kecamatan Lape, serta pemberian makanan tambahan pada Anak – anak TK, SD, Ibu hamil dan ibu menyusui. Lomba masak serba ikan diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari unsur organisasi wanita, perangkat kecamatan dan kabupaten.

Pengukuhan kepengurusan FORIKAN dan lomba masak serba ikan, lanjut Kadislutkan Kabupaten Sumbawa, bertujuan untuk  meningkatkan keragaman pola masak serba ikan, mencari utusan peserta lomba untuk mewakili Kabupaten Sumbawa di tingkat Provinsi dan mempercepat peningkatan konsumsi ikan dalam rangka peningkatan gizi masyarakat dari protein hewani khususnya ikan.

Dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa memberikan makanan tambahan serba ikan secara simbolis kepada anak TK, SD, Ibu Hamil, dan Ibu menyusui, serta pemberian Asuransi Nelayan Kabupaten Sumbawa yang diserahkan oleh Wakil Bupati Sumbawa.

Komentar