UPT Akhirnya Gelar Seleksi LCC Empat Pilar

Date:

Rapat LCCSumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Kepala UPT Layanan Dikmen PK/PLK Kabupaten Sumbawa, Lalu Manan mengakui kesalahannya dengan menunjuk SMAN 1 Sumbawa mewakili Kabupaten Sumbawa pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kebangsaan tingkat Provinsi NTB. Ia tidak menyangka jika keputusannya yang dinilainya ceroboh itu menimbulkan polemik. Karenanya Ia sudah meminta maaf kepada para kepala sekolah terkait persoalan ini. ‘’Ini memang kesalahan saya. Saya juga ceroboh. Saya mengaku khilaf,” ujar Manan dalam jumpa persnya kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/5).

Manan mengemukakan alasan penunjukan ini karena pihaknya tidak memiliki anggaran untuk melakukan seleksi. Karena itu dia langsung menunjuk SMAN 1 Sumbawa meski akhirnya keputusan tersebut salah. Sebelumnya diakui ketika masih menjadi kewenangan kabupaten (Diknas Sumbawa), pelaksanaan LCC ini dianggarkan. Namun ketika menjadi kewenangan proopinsi (Dikbudpora NTB) pelaksanaan LCC belum dianggarkan.

Untuk mencari solusi dari proses seleksi ini, ungkap Manan, pihaknya telah mengundang sejumlah kepala sekolah untuk mendiskusikannya. Setelah rapat, akhirnya para kepala sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) sepakat untuk dilakukan seleksi guna menentukan yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Sumbawa di LCC tingkat Provinsi NTB. Ada 26 SMA dan 9 Madrasah yang mengikuti seleksi ini nanti. Seperti tahun-tahun sebelumnya, seleksi diawali dengan system rayon. Juara rayon akan dipertemukan untuk mencari yang terbaik. “Kegiatan itu rencananya dilaksanakan 18 Mei mendatang sesuai dengan hasil rapat dengan kepala sekolah. Mengenai anggarannya sementara ini berasal dari berbagai sumber baik dana BOS maupun komite,” ungkapnya, seraya menyatakan LCC tahun depan akan dianggarkan melalui Dinas Dikbudpora NTB.

Disinggung mengenai pelaksanaan seleksi, Manan mengatakan tidak akan menggunakan dewan juri dari sekolah melainkan dari Dinas Dikbud Sumbawa agar berlangsung obyektif dan transparan. Pihaknya tidak akan mengintervensi. “Hanya satu kepentingan saya yaitu untuk membawa nama baik Kabupaten Sumbawa ke tingkat provinsi,” demikian Manan. (KS/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...