Jelenga dan Mantar, Prioritas Kominfo KSB Bangun Menara Telekomunikasi

Date:

Kadis Kominfo KSB Ir. H. Muslimin HMY M.Si
Ir. H. Muslimin HMY M.Si
Kadis Kominfo KSB

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Destinasi wisata Pantai Jelenga, kecamatan Jereweh dan Desa Mnetar Kecamatan Poto Tano, jadi prioritas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumbawa Barat untuk membangun menara Telekomunikasi. Dipilihnya kedua lokasi tersebut sebagai prioritas, karena merupakan aset pariwisata yang sudah harus dikembangkan mulai tahun ini.

“Tentu kita harus menunggu hasil survey yang sudah dilakukan tim dari PT Telkom beberapa hari yang lalu. Hasilnya keluar sekitar 2 minggu lagi. Setelah itu, baru kita ambil sikap” ungkap Kadis Kominfo KSB Ir. H. Muslimin HMY M.Si kepada wartawan, Senin (17/4).

Sembari menunggu keluarnya hasil survey tersebut, pihaknya akan berupaya untuk melakukan pembebasan lahan dilokasi pembangunan menara itu. Karena, lokasi pembangunan menara di Jelenga, merupakan tanah masyarakat. Sedangkan di Desa Mantar, adalah tanah pemerintah.

Baca juga:  BLK Sumbawa Mulai Rekrut Calon Peserta PBK Tahap I Tahun 2024

“Nah, di Jelenga ini yang akan dibicarakan lebih lanjut dengan masyarakat” tandasnya seraya menambahkan, terlepas dari apakah akan dibayar secara penuh oleh Pemkab atau akan disewakan, yang jrlas lokasi pembangunannya sudah di tetapkan.

“Yamg paling penting adalah lokasi untuk pembangunannya sudah ditetapkan. Sementara untuk biaya lainnya, seperti listrik dan biaya pembebasan lahan akan diupayakan dalam dua minggu ini sudah harus clear and clean. Sehingga nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan” Jelasnya.

Baca juga:  Jadi UPT BLK, Diharapkan Beri Konstribusi Signifikan Terhadap Capaian Program Pemerintah

Sebelum dibangun menara permanen, ia menjelaskan, pihak Telkom terlebih dahulu akan melakukan Trial Guyte dengan menempatkan menara mobile setinggi 30 meter selama 6 bulan untuk melihat apakah di 2 lokasi itu akan memberikan profit dan pangsa pasarnya jelas. Setelah itu, baru akan dipermanenkan.

“Kita tidak hanya akan berdiam diri melihat menara tersebut terbangun, melainkan tetap akan melakukan pemantauan dan melakukan evaluasai. Kita tetap akan monitor terhadap hal ini jangan sampai nantinya dimonopoli secara penuh oleh operator ini,” pungkasnya.(KS/YUD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...