oleh

Konsultan JICA, Survey Lokasi Pembangunan Infrastruktur Penanganan Banjir KSB

Watanabe Hajime dan Maiko Takahashi dalam pertemuan dengan Pemda KSB di Gedung Graha Fitrah
Watanabe Hajime dan Maiko Takahashi dalam pertemuan dengan Pemda KSB di Gedung Graha Fitrah

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Konsultan dari Japan International Cooperation Agency (JICA), Rabu (12/4) sore tadi, melakukan Survey lokasi untuk mengumpulkan data terkait akan dibangunnya infrastruktur penanganan banjir dalam kota Taliwang, Sumbawa Barat.

“Misi kami datang langsung kesini, untuk mengumpulkan data dalam rangka melakukan penanganan banjir di daerah perkotaan.” Ungkap Watanabe Hajime dan Maiko Takahashi dalam pertemuan dengan Pemda KSB di Gedung Graha Fitrah.

Ada 3 lokasi yang disurvey. Yang pertama, daerah pinggiran sungai Karang Sampir, tempat pertemuan dua Daerah Aliran Sungai (DAS) yakni Brang Rea dan Brang Ene. Kemudian pinggiran Sungai Brang Rea di Desa Sapugara Bree dan terakhir sistem drainase primer dalam kota di sepanjang Jalan Sudirman.

Baca juga:  Belasan Hektar Jagung di Plampang Terancam Puso

“Kami telah merangking daerah yang paling butuh penanganan penanganan banjir dan KSB list teratas” Jelas Watanabe.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, mengatakan pemda saat ini berusaha keras agar masalah banjir ini bisa segera terselesaikan. Dimana, ada beberapa kendala besar yang dihadapi saat ini seperti penguatan tebing sungai dan normalisasi sungai brang rea, serta pembangunan sistem drainase primer dalam kota.

“Diharapkan dengan adanya kunjungan dari JICA ini bisa membantu KSB dalam mengatasi bencana banjir yang hampir tiap tahun terjadi” Imbuhnya. (KS/YUD)

ksbksb ksbksb