oleh

64 Anggota Paskibraka Bersiap Jalani Seleksi Tingkat Provinsi

latihan persiapan paskibraka sumbawaSumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Sebanyak 46 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sumbawa menjalani masa persiapan untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi, Rabu 12/04 di SMKN 1 Sumbawa.

Latihan persiapan bagi mereka yang akan ikut serta dalam seleksi tingkat Provinsi dilakukan di pusatkan di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Selasa (11/04/2017).

Latihan tersebut dipimpin langsung Ketua Purna Paskibraka (PPI) Kabupaten Sumbawa, Shalahuddin MA, SH, dengan tujuan menyegarkan kembali materi baris berbaris, fisik dan materi umum lainnya dibantu personel TNI dan Polri yang tergabung dalam tim Pelatih Paskibraka Kabupaten Sumbawa.

Kak Bho sapaan akrab Ketua Purna Paskibraka menjelaskan bahwa yang dapat megikuti seleksi pasibra adalah siswa kelas X SMA/MA/SMK-sederajat, memiliki berat dan tinggi badan yang proporsional, memiliki wawasan kedaerahan, wawasan nasional dan kebangsaan.

Baca juga:  560 Penggalang Ikuti DianPinru 2019 di Bumi Perkemahan Marente

“Untuk nilai akademiknya akan dimintai di Mataram nanti bagi mereka yang dinyatakan lulus seleksi di tingkat Provinsi,” jelasnya.

Kak Bho mengatakan bahwa persiapan anggotanya tersebut sudah dilakukan sejak Januari 2017 lalu dan hasilnya akan diperlihatkan pada seleksi tingkat Provinsi.

Meski persiapan yang dilakukan telah maksimal, tapi Kak Bho tidak dapat memprediksi siapa saja yang akan lolos ke tingkat Provinsi karena mereka semua memiliki kesempatan yang sama. Mereka juga mendapatkan porsi latihan yang sama dari pelatih yang sama pula.

Kak Bho mengakui potensi anggota Paskibraka Kabupaten Sumbawa yang akan ikut seleksi tingkat Propinsi sangat banyak. Sehingga dia berharap ada yang mampu tembus hingga seleksi tingkat Nasional baik laki-laki maupun perempuan.

Baca juga:  UNSA PTS Peraih PKM Terbanyak Di NTB dan Kedua Tebanyak di Kopertis Wilayah XIII

“Tapi saya belum melihat kondisi Kabupaten/Kota lain di NTB khususnya dalam hal tinggi badan. Nanti kalau sudah ketemu dengan Kabupaten lain barulah berani saya pasang target,” ujarnya. (KS/aly).

News Feed