Menhub Minta Pelindo III Percepat Operasional Pelabuhan Gili Mas

Date:

Kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi
Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi ke NTB

MATARAM, Kabar Sumbawa – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi meminta agar PT. Pelindo III segera menyelesaikan pembangunan dan mempercepat operasional Pelabuhan Gili Mas yang akan menunjang operasional pelabuhan Lembar di Lombok.

Hal itu disampaikan Menhub Budi pada kunjungan kerja ke Lombok, NTB (1/4/2017).
“Saya minta pembangunan pelabuhan Gili Mas diselesaikan dalam 2 (dua) tahap, yaitu untuk kapal cruise dan roro dengan target selesai pada pertengahan 2018 dan untuk container ditargetkan selesai pada Mei 2019,” ujar Menhub Budi.
Terkait dengan adanya laporan soal kendala ijin reklamasi dari Direksi Pelindo III, pada saat kunjungan tersebut Menhub Budi menyampaikan bahwa Senin (3/4) ijin tersebut sudah keluar.
“Senin (3/4) saya pastikan ijin reklamasi sudah keluar, sehingga Pelindo III bisa mulai pembangunan pelabuhan Gili Mas,” tegas Menhub.
Sebagai imbalannya, Menhub meminta agar pembangunan dipercepat sehingga bisa beroperasi penuh pada Mei 2019. Adapun target dari Pelindo III adalah tahun 2020.
Menurut Direktur Komersial dan Operasional PT. Pelindo III, M. Iqbal, untuk pembangunan Pelabuhan Gilimas pihaknya perlu melakukan reklamasi seluas 22 Hektar. Terkait dengan pembebasan lahan Iqbal mengatakan tidak masalah, saat ini sudah ada lahan 60 Hektar di sisi darat yang siap dibangun.
Lebih lanjut, kata Iqbal nantinya pelabuhan Gili Mas akan memiliki draft – 14 mLWS, sehingga bisa menampung kapal cruise yang selama ini tidak dapat sandar di pelabuhan Lembar. Adapun kapasitas lapangan container mampu menampung 200 riibu – 300 ribu container.
Menhub berharap dengan hadirnya Pelabuhan Gilimas ini akan semakin besar pergerakan logistik ke Lombok dan memastikan harga-harga akan lebih murah serta barang-barang dari Lombok dapat dibawa keluar.
“Harapannya kita akan mengintensifkan pergerakan logistik yang selama ini menggunakan angkutan darat dari Surabaya dan Bali untuk dipindahkan dengan ke kapal roro,” kata Menhub.
Menhub menginginkan agar dengan adanya pelabuhan baru, kapasitas 1 kapal roro yang saat ini hanya dapat menampung 40 truk, ke depannya kapasitas 1 kapal roro dapat memuat 200 truk.
“Dengan keadaan itu Bali akan tertolong, karena Bali dalam satu hari ada 1.200 truk. Jika kita ada beberapa kapal diharapkan nanti angkutan darat akan beralih ke kapal roro,” kata Menhub
Selain itu Menhub mengatakan kehadiran Pelabuhan Gili Mas ini juga untuk meningkatkan pariwisata di wilayah Lombok.
“Kita tahu bahwa prioritas pariwisata di Indonesia ada 3 yaitu Danau Toba, Borobudur dan Mandalika. Apabila Mandalika akan menjadi destinasi pariwisata maka pergerakan supply barang akan banyak,” kata Menhub Budi.
Sebagai informasi, groundbreaking pembangunan pelabuhan Gili Mas telah dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2016. Adapun anggaran yang telah dikeluarkan untuk pembebasan lahan seluas 60 Hektar sebanyak 90 Miliar. Pelabuhan Gili Mas akan dilengkapi 2 (dua) buah crane dengan kapasitas 24 box/jam dan panjang dermaga container mencapai 440 meter.
Pada kunjungan kerja ke pelabuhan Gili Mas, Menhub didampingi Dirjen Perhubungan Laut, A.Toni Budiono dan sejumlah Direksi PT. Pelindo III serta PT. ASDP Indonesia Ferry. (KS/YDS)
Baca juga:  KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...