oleh

Pacu Investasi Di NTB Akan Digelar Forum Investasi

lalu gita haryadi
H. Lalu Gita Haryadi
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB

MATARAM, Kabar Sumbawa-Menurut rencana Oktober mendatang NTB akan melaksankan Forum Investasi NTB (NTB Invesment Forum). Forum ini rencananya akan dihadiri para investor dari dalam dan luar negeri. Sehingga dapat menjadi ajang untuk mempromosikan 4 potensi unggulan NTB, yakni KEK Mandalika, Global Hap, Samota dan KEK Selat Alas.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB,  H. Lalu Gita Haryadi kepada wartawan di Mataram, Jum’at (31/4) mengatakan, pemilihan rencana tema Tambora Menyapa Dunia yang digagas pada tahun 2012/2013 merupakan momentum peristiwa letusan Tambora untuk menarik perhatian dunia, yang ujung-ujungnya bertujuan menarik gelombang investasi yang datang ke NTB.

Menurutnya bukan hanya hingar bingar (noise) penyelenggaraan, namun gaung besarnya (voice) adalah investasi.
“Kita ingin momentum Tambora dapat berdampak pada arus investasi di NTB, tidak hanya di Pulau Lombok saja, namun akan terjadi di Pulau Sumbawa, dengan andalan Samota (Teluk Saleh Moyo dan Tambora),” ujar Gita.
Dikatakan, baru saja pihaknya menginisiasi Program Green KEK di Selat Alas. dengan keberadaan potensi pulau-pulau kecil.  Program ini juga sangat relevan dengan kunjungan Gubernur NTB ke Provinsi Jeju Korea Selatan untuk menghadiri dan menjadi pembicara pada International Green Island Forum (IGIF).

“Ke depan konsep pembangunan hijau (Green Development) sesuai dengan konsep paradigma pembangunan hijau yang selalu memperhatikan kelestarian lungkungan. Kemudian variannya diperkecil lagi untuk bagaimana green energy, green tekhnology diterapkan dalam konsep pembangunan,” jelasnya.

Baca juga:  Satpol PP dan Satlinmas NTB, Siap Jaga Keamanan Pariwisata

Menurutnya progres pembangunan Samota akan mulai nampak, karena Oktober nanti akan dilaksanakan NTB Invesmen Forum, sehingga gaungnya sudah mulai digemakan promosi melalui media nasional. Sehingga nantinya 4 unggulan NTB itu menjadi potensi yang menarik untuk diminati para investor.

Ditambahkan, keempat unggulan NTB tersebut masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, dimana KEK Mandalika domaimnya pariwisata, kemudian Global Hap ada 3 ikon yakni pelabuhan, kilang minyak, dan kota baru. Samota Agro Industri dalam arti luas pertanian, perikanan, peternakan termasuk pariwisatanya. Kemudian Green KEK Alas, pariwisata. (KS/YDS)

Komentar