oleh

TGB: Urgensi Perencanaan Pembangunan Tahun 2018 Sangat Penting Dalam Konteks Penyelesaian Target

Penyusunan RKPD di MataramMATARAM, Kabar Sumbawa-Tahun 2018 yg merupakan akhir tahun per khidmatan masa pemerintahan 2013-2018. Karenanya perencanaan pembangunan 2018, sangat penting dalam konteks menyelesaikan berbagai target target pembangunan dan menjamin terwujudnya kontinuitas pembangunan di NTB.
Gubernur NTB, TGH. Zainul Majdi, MA menguraikan, ada  tiga hal utama yang harus dicermati dalam penyusunan rencana pembangunan 2018. Pertama, merampungkan pencapaian target pembangunan sebagaimana tertuang dalam RPJMD Tahun 2013-2018. Seluruh jajaran SKPD diminta untuk mencermati persoalan persoalan yg masih timbul terhadap upaya pencapaian indikator target pembangunan. Kemudian mencari solusi atas beragam persoalan yg menghambat dan mengembangkan inovasi guna pelaksanaan langkah-langkah solutif tersebut.
“Dari 31 indikator kinerja telah banyak yang tercapai, bahkan terlampaui. Namun masih ada pula 12 indikator yang perlu perhatian serius untuk pencapaiannya,” ujar gubernur.
Dikatakan, beragam kebijakan eksternal yg hadir di tengah upaya pembangunan yg dilakukan telah mempengaruhi percepatan pemerintah mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan. Karenanya upaya antisipatif dan membuka skenario ruang-ruang alternatif pelaksana program/ kegiatan mesti dilakukan.
Hal kedua kata TGB, adalah bertitiktolak darikondisi daerah terkini dengan mencermati dinamika perkembangan global dan nasional maupun lokalitas wilayah NTB, diminta SKPD mampu memetakan persoalan KEDEPAN yg kemungkinan dihadapi dan harus terjawab dalam program 2018. Ini penting kaitannya dengan hal ketiga yang di tegaskan Bapak Gubernur yakni kontinuitas pembangunan di Nusa Temggara Barat ke depan.
Perspektif keberlanjutan pembangunan sangat kental dalam muatan RKPD 2018. Hal ini samgat dapat dipahami mengingat kita memasuki akhir masa perkhidmatan 2013-2018 yg selanjutnya kita memasuki masa pemerintahan periode 2018-2023.
Pencapaian pembangunan NTB yg baik saat ini, femikian halnya posisioning NTB yg makin kuat di kancah nasional serta hubungan baik dengan berbagai negara harus tetap terjaga dan bahkan harus makin meningkat dimasa mendatang. Dalam kerangka demikian, pembangunan 2018 samgat strategis untuk menjamin keberlanjutan dr seluruh
Keberhasilan pencapaian tersebut dan menghadirkan NTB di tengah pergaulan nasional dan internasional yg makin baik. Banyak perspektif untuk memberi pemahaman kepada seluruh SKPD agar tidak saja merencanakan program kegiatan dalam orientasi jangka pendek yg bersifat pragmatis namun lebih mengedepankan pendekatan perencanaan yg jauh berpikir ke depan dan kontekstual sesuai dgn kondisi serta tantangan yg dihadapi. (KS/YDS)
Baca juga:  Penuhi Standar Operasional Damkar, Tiap Tahun Dianggarkan 1 Unit Mobil

News Feed