Investasi Dipacu Bagi Penanggulangan Kemiskinan Dan Kesenjangan Sosial

Date:

rapat RKPD di MataramMATARAM, Kabar Sumbawa-Seperti diketahui angka kemiskinan di NTB sampai akhir 2016 masih 16,02%. Untuk menangani persoalan ini seluruh upaya pembangunan harus difokuskan tidak saja untuk mengejar penurunan angka kemiskinan, namun juga untuk mengurangi tingkat kesenjangan, yg saat ini masih pada posisi 0,36 persen.
“Kita memang telah banyak membangun infrastruktur di berbagai bidang, namun masih banyak hal-hal yg masih dibutuhkan. Sehingga nantinya diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat, juga meningkatkan minat investasi di daerah,” ujar Gubernur NTB, TGH, Zainul Majdi, MA pada rapat RKPD di Mataram, Senin (27/3).
Menurut TGB sapaan akrab Gubernur NTB, bahwa infrastruktur yang dibangun hendaknya bukan hanya Hard Infrastruktur, atau hal hal yg bersifat fisik.Namun tidak kalah pentingnya, bahkan harus disiapkan terlebih dahulu adalah Soft Infrastruktur berupa perangkat lunak maupun social preparation untuk menopang keberadaan hard infrastruktur tersebut.
Dikatakan, investasi yg diperlukan tidak saja untuk mengejar pertumbuhan dan mengeksploitasi pemanfaatan SDA secara masif yang berorientasi jangka pendek. Namun sudah seharusnya berpikir untuk pengembangan investasi yang pemanfaatannya dapat dinikmati secara keberlanjutan.
“Kita perlu mencermati, mengantisipasi siapa pelaku dan penerima manfaat dari investasi yang dilakukan, sehingga benar-benar kehadiran investasi dapat menguntungkan semua pihak, terlebih dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak. Berikan ruang yg lebih luas bagi ekonomi kerakyatan untuk terus berkembang di tengah kehadiran retail-retail modern,” kata TGB.
Ditambahkan, seluruh upaya pembangunan infrastruktur dan pengembangan investasi di daerah hendaknya benar-benar mampu memberi jawaban terhadap upaya-upaya pengentasan kemiskinan. (KS/YDS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...