oleh

Pelaku Penyebar Isu Hoax Dikenakan Wajib Lapor Dan Pembinaan

penyebar isu hoaxSumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Dua pelaku penyebar informasi hoax penculikan anak yang diposting melalui akun Facebooknya di media sosial, DW dan RA Asal Kecamatan Alas, dikenakan wajib lapor oleh pihak kepolisian Resort Sumbawa.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Elyas Ericson, SH., SIK yang dikonfirmasi Kamis (23/3/17) mengatakan, berdasarkan keterangan kedua pelaku, isu mengenai penculikan anak ini diperoleh dari orang lain dan diposting dengan tujuan meminta masyarakat waspada.

Kedusnya juga mengaku tidak ada maksud untuk menyebarkan informasi hoax yang dapat meresahkan masyarakat.

“Memang berita yang disampaikan mereka itu tidak benar. Namun informasi yang postingnya murni agar masyarakat waspada,” ujar Ilyas.

Baca juga:  Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Mayat Hangus Terbakar

Lanjut Elyas, DW dan RA sudah membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya. Termasuk permintaan maaf di media sosial bahwa informasi yang disebarkan tidak benar.

Terhadap kedua facebooker tersebut Polsek Alas juga telah melakukan pembinaan dan pengawasan, agar tidak mengulangi perbuatan yang sama.

“Jika masih mengulanginya, maka akan dilakukan proses hukum sesuai Undang- Undang ITE No 19 Tahun 2016 dengan hukuman maksimal 4 tahun penjara,” tandasnya” (KS/JHS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *