Juri Ardiantoro Resmikan RPP “Bala Late” KPU Sumbawa

Date:

bagonteng pada launching bala late 1
Toto Rantok oleh Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro M.Si Ph.D Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Ketua KPU NTB Lalu Muhammad Aksar, Asisten I Dr. HM Iksan M.Pd, para komisioner KPU Pada Acara launching Rumah Pintar Pemilu “Bala Late” Kamis 16/03/2017

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com-Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Juri Ardiantoro M.Si Ph.D meresmikan “Bala Late” sebutan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Sumbawa, Kamis (16/03/2017). dihalaman kantor KPU Sumbawa, jl. garuda, no. 109.

Acara launching ditandai dengan pemukulan rantok atau tradisi bagonteng (tradisi Sumbawa yang dilakukan ketika melakukan hajatan yang sakral) dan pengguntingan pita oleh Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, ikut mendampingi Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Ketua KPU NTB Lalu Muhammad Aksar dan para Komisioner KPU Sumbawa.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, S.Ag dalam sambutan singkatnya mengatakan, Rumah Pintar Pemilu KPU Sumbawa ini didesain dengan entitas Samawa sehingga dinamakan Bala Late. Dalam bahasa sumbawa Bala Late terdiri dari dua suku kata. Bala artinya rumah besar yang yang dulunya rumah Sultan, para bangsawan Sumbawa, atau rumah Dea Imam. Kemudian “Late” berarti cerdas.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Dalam konteks kekinian Bala Late merupakan rumah besar dan visi memberikan pencerdasan politik bagi anak-anak Indonesia khususnya masyarakat Sumbawa, jelas Syukri.

Di bagian lain, Syukri menyinggung Pilkada yang telah dilaksanakan jajarannya berlangsung sangat aman dan sukses. Sumbawa menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang berani dan berhasil melaksanakan debat kandidat secara terbuka di lapangan dan dihadiri ribuan pendukung dari masing-masing pasangan calon. Tidak ada sedikitpun pertikaian semua berlangsung layaknya sebuah pesta. Hal ini membuktikan kecerdasan politik masyarakat Sumbawa yang sangat luar biasa.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. Mahmud Abdullah, dalam sambutanya mengatakan bahwa launching Bala Late merupakan rangkaian dari persiapan KPU Sumbawa untuk Pilkada 2018 yang akan datang. Pemda Kabupaten memberikan apresiasi kepada Ketua KPU Kabupaten Sumbawa yang telah dapat membangun atau menciptakan Rumah Pintar Bala Late, sebagai bentuk edukasi pemilu kepada masyarakat.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

“Pastinya juga akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat di Kabupaten Sumbawa”, ujar wabub.

Wabub berharap secara khusus kepada Ketua KPU RI Juri Ardiantoro agar kunjungan ini bukan yang pertama karena bagaimana pun Pemda Sumbawa sedang menjalin hubungan dengan Pemprov dan pemerintah pusat. Karena tanpa hubungan baik antar pemerintah maka kegiatan seperti ini tidak akan dapat dilakukan.

Untuk diketahui, sebelum acara launching RPP “Bala Late”, Ketua KPU Sumbawa menyerahkan bantuan untuk korban banjir kepada Wakil Bupati Sumbawa, serta penyerahan sejumlah buku yang diterbitkan KPU Sumbawa. Acara launching tersebut disemarakkan dengan jingle Pemilu KPU Sumbawa, penampilan Saceko Samawa, dan perfomance duta pemilu Sumbawa pada pembacaan puisi. (ks/hamu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...