Wisata Permandian Belerang Kecamatan Lantung Perlu Perhatian Pemerintah

Date:

Wisata Permandian Belerang Kecamatan Lantung
Camat Lantung Iwan Sofian di Permandian Belerang Kecamatan Lantung

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Icon Wisata Permandian Belerang “Buin Racin” yang terletak di Desa Lantung Sepukur dibilang masih alami dan belum termanfaat oleh banyak orang atau masyarakat sekitar.

Dimana lokasi tersebut Terdapat 7 sumur Belerang yang terlihat  tetap mendidih dengan warna batu disekitarnya mengkilap kuning ke emasan bercampur dengan warna keabuan akibat proses kimia.

Terkait keberadaan lokasi permandian belerang tersebut, Camat Lantung Iwan Sofian yang dikonfirmasi Rabu (15/3/17) menjelaskan, lokasi tersebut oleh masyarakat sekitar sudah lama diketahui, bahkan masyarakat sekita menyebutnya Buin Racin (Sumur Racun).

Demikian juga dilokasi tersebut terdapat tiga sumur yang dipercaya masyarakat sekitar mempunyai tiga rasa yakni, rasa asin, asam dan sedikit manis.

terkait keberdaan lokasi sunur belerang tersebut, pemerintah Kecamatan Lantung dalam pada tahun 2017 ini, akan berupaya melakukan pendataan terkait beberapa lokasi yang mempunya potensi untuk dikembangkan dan disinkronisasi dengan lokasi tersebut.

Baca juga:  Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Yang nantinya akan dijadikan sebuah lokasi pengembangan untuk Destinasi wisata, termasuk menyusun jalur atau rute menuju lokasi.menginggat lokasi sumur belerang tersebut waktu tempuhnya sekitar 1 jam.

Dan untuk diketahui, Lokasi tersebut  diatas Brang Rea.” kami lagi jajaki kemungkinan nyambung dengan rencana pengembangan Batu Balo, Brang Ble dan Benanung “.Ungkapnya.

Demikian juga pengembangannya, pihaknya bersama pemerintah desa juga akan bekerjasama melalui anggaran Desa Sepukur, tapi untuk saat ini RAPBDes Sepukur tahun 2017 masih difokuskan untuk pengembangan Lenag India.

Lanjutnya, Semangat untuk Pembenahan Pariwisata Berkelanjutan melalui dukungan dana desa sesuai Perbup 10 Tahun 2017 Berskala Desa menjadi pintu masuk bagi pemerintah kecamatan nantinya. Demikian juga dalam Musrenang 2018.

Pihaknya telah mengusulkan agar segala potensi pariwisata yang ada di Kecamatan Lantung agar mendapat perhatian pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata.

Baca juga:  Antisipasi DBD, Dikes Sumbawa Galakkan Pemberantasan Nyamuk

“Baginya tiada hari tanpa pembenahan, tiada hari tanpa bekerja, melakukan pendataan, penjajakan lokasi – lokasi yang belum tersentuh dan akan kami angkat”

Termasuk Pembangunan dan pembenahan lokasi Permandian Belerang “buin Racin” sangat kita perlukan, terutama kepedulian dan konsiatensi pemda. “Kami harus mengatakan bahwa Pemda Harus bisa fokus mendorong beberapa titik kawasan yang berpotensi.”

Demikian juga daya dukung pemerintah lokal juga patut diperhitungkan,termasuk peran partisipasi masyarakat harus diutamakan sebagai program berkelanjutan.

Termasuk Investasi juga kita perlukan.“Sumbawa kaya akan potensi alam tapi kadang kita masih miskin akan komitmenKemandirian masyarakat menjadi tiang utama, tapi dengan adanya dukungan pemda maka semua akan berjalan dengan baik” Ungapnya. (KS/JHS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...