Data Potensi Tidak Valid, BPS Diminta Segera Klarifikasi

Date:

lalu budi terkait bps
Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Ketua DPRD Sumbawa sangat menyayangkan release data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait data potensi wilayah. Dalam release terbaru BPS terlihat bahwa potensi Kabupaten Sumbawa jauh lebih kecil dibandingkan dengan Kabupaten Dompu. Padahal kondisi riil baik luas wilayah, potensi peternakan, pertanian maupun beberapa potensi lain, Kabupaten Sumbawa jauh lebih besar dibandingkan Kabupaten Dompu. Atas kekeliruan itu pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa segera bersurat kepada BPS NTB untuk melakukan klarifikasi terkait data dimaksud.

“Kekeliruan ini sangat fatal dan harus segera diklarifikasi, jika tidak maka akan sangat berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah pusat maupun provinsi terkait program pembangunan yang dilaksanakan dan Sumbawa dirugikan,” ujar Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata kepada Kabar Sumbawa, Selasa (13/3).
Menurut Budi, kondisi wilayah dan potensi Kabupaten Sumbawa sangat besar. Bahkan jika digabungkan empat kabupaten/kota di pulau Sumbawa, Kabupaten Sumbawa masih jauh lebih luas dan banyak potensinya.
“Saya melihat terjadi kekeliruan input data terkait hal ini, bagaimana mungkin potensi peternakan Sumbawa jauh lebih kecil dari Dompu,” ungkap Budi.
Karenanya Budi berharap agar kekeliruan ini dapat segera diperbaiki dan diluruskan. Sehingga tidak merugikan Kabupaten Sumbawa.
” Jangan sampai kesalahan data ini terulang lagi, sehingga berdampak pada program pembangunan di daerah. Sebagai contoh pembangunan RPH Internasional di Poto Tano, karena tidak disesuaikan dengan potensi, bangunan tersebut hingga kini mangkrak dan tidak dapat dimanfaatkan,” tandasnya. (KS/YDS)
Baca juga:  BLK Sumbawa Mulai Rekrut Calon Peserta PBK Tahap I Tahun 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...