oleh

SPJ Belum Selesai, Desa Terancam Tak Bisa Cairkan Dana Desa

Kepala Dinas PMPD-Dukcapil Provinsi NTB, Rusman, SH, MH
Rusman, SH, MH
Kepala Dinas PMPD-Dukcapil Provinsi NTB

MATARAM, Kabar Sumbawa–Dari 995 Desa di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih ada beberapa desa yang belum menyelesaikan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) tahun sebelumnya. Jika SPJ ini lama diselesaikan, desa bersangkutan tidak dapat mencairkan dana desa yang kemudian dapat berimplikasi pada pelaksanaan pembangunan di desanya masing- masing.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat, Pemerintahan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas PMPD-Dukcapil), Rusman, SH, MH kepada wartawan, Kamis (9/3).
Dikatakan, terhadap hal ini pihaknya telah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten dan pendamping desa, untuk segera memfasilitasi desa-desa yang belum menyelesaikan SPJ. Selanjutnya pemerintah kabupaten secara komulatif melakukan asistensi bisa terhadap desa-desa tersebut.
Jumlah total dana desa yang dikucurkan ke NTB Tahun 2017 ini kata Rusman, adalah Rp.865 Milyar. Dengan alokasi masing-masing desa berkisar antara Rp. 720 juta hingga Rp. 1 Milyar. Perbedaan jumlah alokasi dana desa ini disesuaikan dengan jumlah penduduk, luas wilayah, topografi dan beberapa pertimbangan lainnya.
” Kami berharap agar Maret ini masing-masing desa dapat segera menyelesaikan SPJ nya,, sehingga dana desa segera dapat dicairkan, bagi kelanjutan pembangunan di desa,” tandas Rusman. (KS/YDS)
Baca juga:  Tahun Ini, Jalan Provinsi di Sumbawa Akan Diperbaiki

News Feed