Gubernur NTB Dorong Munculnya Wisata Berbasis Komunitas

Date:

Acara Lokakarya pencapaian MDGs NTB
Gubernur NTB, DR. TGH. Zainul Majdi, MA di depan
peserta Loka Karya Pencapaian MDGs, di Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Selasa (7/3)

MATARAM, Kabar Sumbawa—Pengembangan pariwisata tidak harus membangun akomodasi semegah-megahnya. Namun yang lebih penting adalah memberikan porsi sebesar-besarnya kepada pengembangan pariwisata yang berbasis wisata komunitas, dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan yang ada di NTB.

Hal ini disampaikan Gubernur NTB, DR. TGH. Zainul Majdi, MA di depan peserta Loka Karya Pencapaian MDGs, di Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Selasa (7/3). Dikatakan Gubernur, Provinsi NTB mempunyai 2 sektor priotritas yang dikembangkan, yakni sektor pertanian dalam makna luas, meliputi perkebunan, kehutanan, kelautan dan perikanan, serta sektor pariwisata. “Pariwisata Lombok sudah menjadi destinasi wisata baik bagi wisatawan
domestik maupun mancanegara. Tantangannya adalah bagaimana agar perencanaan pembangunan dan perumusan pembangunanan sektor pariwisata harus mempertimbangkan dan memperhatikan daya dukung lingkungan yang ada di NTB,” ujar Zainul Majdi yang akrab disapa TGB.

Baca juga:  Bupati Terima Paket Ramadan dari AMMAN untuk Masyarakat Sumbawa

“Secara khusus kalau kita melihat NTB statusnya pulau kecil, sehingga pendekatan pembangunannya harus hati-hati, haruslah belajar dari daerah lain tidak hanya dari aspek keberhasilan tetapi juga kegagalannya,” tambah gubernur.

Menurut TGB, wisata yang baik dikembangkan di NTB bukanlah wisata yang masih memanfaatkan lingkungan, dengan membangun akomodasi
semegah-megahnya. Tetapi haruslah memberikan porsi yang besar kepada
pengembangan wisata yang berbasis wisata komunitas, yakni wisata yang dikembangkan oleh masyarakat. Jika hal ini berhasil dilaksanakan, maka di berbagai tempat akan bermunculan komunitas-komunitas wisata yang berkembang di NTB, dengan tumbuhnya desa-desa wisata.
“Ini adalah inisiatif yang sangat pantas untuk didukung. Dengan konsep desa wisata ini akan lebih tenang karena tidak lalu mengurangi daya dukung lingkungan. sehingga NTB akan maju dengan lingkungan yang tetap asri dan tetap baik,” tandasnya. (KS/YDS)

Baca juga:  Ini Alasan Satpol PP Tertibkan Badut di Lampu Merah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...